Mantan Bos Mata-mata Jerman Diselidiki Soal Rencana Bunuh Kanselir Scholz

Kamis, 17 Agustus 2023 - 07:39 WIB
loading...
Mantan Bos Mata-mata Jerman Diselidiki Soal Rencana Bunuh Kanselir Scholz
Mantan Pemimpin BfV Hans-Georg Maassen. Foto/REUTERS
A A A
BERLIN - Badan intelijen domestik Jerman, BfV, diduga menyelidiki mantan ketuanya, Hans-Georg Maassen, sehubungan dengan konspirasi sayap kanan yang bertujuan membunuh Kanselir Olaf Scholz.

Bild melaporkan hal itu pada Selasa (15/8/2023). Menurut cerita surat kabar tersebut, BfV meminta data Maassen dari Polisi Federal Jerman (BKA) sebagai bagian dari penyelidikannya sendiri.

Informasi tersebut tampaknya terkait dengan panggilan telepon antara Maassen dan seorang saksi dalam apa yang disebut kasus konspirasi 'Warga Negara Reich'.

Bild diketahui memiliki sumber yang kuat di kalangan elit politik dan keamanan Berlin.

Pada Desember 2022, sekelompok tersangka komplotan kudeta ditangkap polisi Jerman dalam serangkaian penggerebekan besar-besaran di berbagai wilayah di seluruh Jerman.

Para tersangka menimbun senjata api dan diduga berencana menyerbu parlemen Jerman dan membunuh Scholz.

Kelompok tersebut dilaporkan dipimpin Heinrich XIII, Pangeran Reuss, yang akan mengambil alih kendali di Jerman jika kudeta berhasil.



'Warga Negara Reich' adalah gerakan sayap kanan longgar yang percaya negara Jerman setelah Perang Dunia II bukanlah negara berdaulat. Lebih dari 50 orang diselidiki sehubungan dengan dugaan plot pada waktu itu.

Saksi dalam kasus ini mengaku menelepon Maassen setelah penggeledahan di blok apartemennya. Sifat percakapan itu tidak diungkapkan oleh Bild.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)