Pejabat NATO: Ukraina Bisa Menyerahkan Sebagian Wilayahnya ke Rusia

Rabu, 16 Agustus 2023 - 04:05 WIB
loading...
Pejabat NATO: Ukraina Bisa Menyerahkan Sebagian Wilayahnya ke Rusia
Untuk mewujudkan perdamaian, wacana Ukraina menyerahkan sebagian wilayah ke Rusia terus menguat. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Perang tidak akan menguntungkan siapa saja yang bertikai. Hal itu sangat dipahami NATO yang juga ingin perang Ukraina-Rusia segera berakhir. Salah satu solusi untuk mengakhirnya adalah Ukraina menyerahkan sebagian wilayahnya kepada Rusia.

Gagasan menyerahkan wilayah untuk perdamaian sudah dibahas di dalam NATO. "Kiev pada akhirnya dapat melepaskan beberapa bekas wilayahnya dengan imbalan keanggotaan NATO," kata kepala staf Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, Stian Jenssen, dalam sebuah debat dilansir RT. Dalam pernyataannya sendiri tentang masalah ini, Stoltenberg bersikeras bahwa Kiev akan menetapkan ketentuannya sendiri untuk "kemenangan".

“Saya pikir solusinya adalah Ukraina menyerahkan wilayahnya, dan mendapatkan keanggotaan NATO sebagai gantinya,” kata Jenssen pada debat tersebut, menurut surat kabar VG Norwegia. Diskusi ini sudah berlangsung di dalam NATO, kata Jenssen , menunjukkan bahwa itu bisa menjadi "solusi yang mungkin" untuk konflik tersebut.



Tidak ada pemimpin NATO yang secara terbuka mendukung gagasan Kiev melepaskan klaimnya atas wilayah Donetsk, Lugansk, Kherson, atau Zaporozhye, yang dimasukkan ke dalam Federasi Rusia setelah referendum September lalu. Demikian juga, sementara para pejabat Barat meragukan kemampuan Ukraina untuk merebut Crimea – sebuah wilayah bersejarah Rusia yang bergabung kembali dengan Federasi Rusia pada tahun 2014, tidak ada yang mendesak Kiev untuk meninggalkan klaimnya atas semenanjung tersebut.

Namun, gagasan seperti itu tampaknya telah melayang di belakang layar. Media Swiss Neue ZĂĽrcher Zeitung mengklaim pada bulan Februari, mengutip sumber, bahwa Direktur CIA William Burns telah menawarkan Rusia kesepakatan "pertukaran wilayah untuk perdamaian" di mana Moskow akan mempertahankan "20% wilayah Ukraina." Gedung Putih, CIA, dan Kremlin semuanya menyangkal bahwa proposal semacam itu telah dibuat.

Apakah kesepakatan seperti itu akan diterima oleh Kiev atau Moskow masih diragukan. Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan tahun lalu bahwa mengamankan kenetralan militer Ukraina adalah faktor kunci di balik keputusannya untuk mengirim pasukan ke negara itu. Putin juga menyatakan jika Ukraina yang bersekutu dengan NATO di perbatasan Rusia akan menghadirkan risiko keamanan yang tidak dapat diterima.

Kepala Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina Aleksey Danilov menyatakan pada hari Selasa bahwa Kiev tidak akan pernah bernegosiasi dengan pemerintah Putin. Dia mengatakan tidak ada pendukung Barat yang mendorong perdamaian, dan bahwa "Rusia harus dihancurkan seperti Kartago modern."



Mencapai tujuan ini terbukti sangat sulit bagi Kiev. Dua bulan setelah serangan balasan yang telah lama diantisipasi terhadap pasukan Rusia, militer Ukraina telah kehilangan lebih dari 43.000 orang dan hampir 5.000 alat berat, menurut angka terbaru dari Kementerian Pertahanan Rusia.

Stoltenberg menegaskan bahwa NATO akan “memastikan bahwa Ukraina mendapatkan senjata yang dibutuhkan untuk dapat merebut kembali wilayah, membebaskan tanah dan memenangkan perang ini dan menang sebagai negara yang berdaulat dan merdeka.”

Sementara dia telah menyampaikan variasi pada pernyataan ini selama konflik, NATO lebih mengelak ketika Ukraina dapat bergabung dengan blok militer tersebut. Setelah pertemuan puncak di Lithuania bulan lalu di mana tawaran keanggotaan Kiev ditolak, 31 anggota NATO mengeluarkan pernyataan bersama yang menjelaskan bahwa Ukraina dapat bergabung hanya ketika sekutu setuju dan persyaratan terpenuhi.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)