Wapres Taiwan Kunjungi AS, China Marah dan Lontarkan Ancaman

Senin, 14 Agustus 2023 - 07:49 WIB
loading...
Wapres Taiwan Kunjungi AS, China Marah dan Lontarkan Ancaman
Wakil Presiden Taiwan William Lai mengunjungi Amerika Serikat (AS) pada Sabtu. China marah atas lawatan tersebut. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Pemerintah China marah atas kunjungan Wakil Presiden (Wapres) Taiwan William Lai ke Amerika Serikat (AS) pada Sabtu pekan lalu.

Beijing kemudian melontarkan ancaman, yakni menyiapkan tindakan pembalasan.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, Kementerian Luar Negeri China menegaskan kembali penentangannya terhadap segala bentuk komunikasi diplomatik antara Washington dan Taipei.

Lai, yang dianggap sebagai pesaing kuat untuk memenangkan pemilihan presiden Taiwan pada Januari, tiba di New York pada Sabtu malam untuk persinggahan singkat sebelum menuju Paraguay untuk menghadiri pelantikan presiden baru negara Amerika Selatan itu.



"Beijing dengan tegas menentang kunjungan separatis kemerdekaan Taiwan ke AS dengan nama apa pun atau dengan dalih apa pun," kata Kementerian Luar Negeri China melalui juru bicaranya yang tak disebutkan namanya dalam sebuah rilis, Senin (14/8/2023).

"Lai adalah pembuat onar terus-menerus dan bahwa kedatangannya di Amerika Serikat secara serius melanggar prinsip Satu China dan sangat merusak kedaulatan dan integritas teritorial China," paparnya.

Kementerian itu menambahkan; "China mengikuti perkembangan dengan cermat dan bahwa tindakan tegas dan kuat akan diambil untuk melindungi kepentingan nasional."

Setibanya di New York, Lai menulis di X—platform yang sebelumnya bernama Twitter—bahwa dia menantikan bertemu teman dan menghadiri program transit.

Menurut laporan The Guardian, yang mengutip tokoh yang mengetahui lawatan tersebut, Lai diperkirakan akan bertemu dengan ekspatriat Taiwan pada sebuah resepsi di New York.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1392 seconds (0.1#10.140)