4 Anggota yang Pernah Tinggalkan ECOWAS, Termasuk Negara Islam yang Jadi Kawan Israel

Minggu, 13 Agustus 2023 - 12:41 WIB
loading...
4 Anggota yang Pernah Tinggalkan ECOWAS, Termasuk Negara Islam yang Jadi Kawan Israel
ECOWAS, negara-negara blok ekonomi Afrika barat, mengancam menginvasi Niger sebagai respons atas kudeta militer. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Ada empat negara anggota yang pernah keluar dari ECOWAS, blok ekonomi Afrika barat yang mengancam menginvasi Niger.

Salah satu dari empat negara itu adalah Maroko, negara Islam yang sekarang menjadi kawan Israel setelah kedua negara melakukan normalisasi hubungan tahun 2020.

ECOWAS (Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat) telah mengancam akan meluncurkan intervensi militer di Niger setelah Presiden Mohamed Bazoum digulingkan junta militer pada bulan lalu.

ECOWAS ingin junta Niger mengembalikan kekuasaan kepada Presiden Bazoum.

Niger juga merupakan anggota ECOWAS. Tidak semua anggota blok tersebut setuju dengan rencana intervensi militer terhadap Niger. Mali dan Burkina Faso justru akan pasang badan untuk membela junta Niger.



15 Negara Anggota ECOWAS


Pada 28 Mei 1975, kepala negara dan pemerintahan dari belasan negara Afrika barat mendirikan ECOWAS ketika mereka menandatangani perjanjian blok tersebut di Lagos, Nigeria.

Belasan negara penandatangan Perjanjian Lagos adalah Benin, Burkina Faso, Pantai Gading (Côte d’Ivoire), Gambia, Ghana, Guinea, Guinea Bissau, Liberia, Mali, Mauritania, Niger, Nigeria, Sierra Leone, Sénégal dan Togo.

Misi blok ini adalah mempromosikan integrasi ekonomi di seluruh kawasan.

Wilayah ECOWAS, yang membentang seluas 5,2 juta kilometer persegi.

Negara anggota ECOWAS yang secara resmi terdaftar di website blok ekonomi tersebut adalah:

1. Benin

2. Burkina Faso

3. Cabo Verde

4. Pantai Gading (Côte d’Ivoire)

5. Gambia

6. Ghana

7. Guinea

8. Guinea Bissau

9. Liberia

10. Mali

11. Niger

12. Nigeria

13. Sierra Leone

14. Sénégal

15. Togo

Negara yang Pernah Keluar dari ECOWAS

1. Liberia


Liberia bergabung dengan ECOWAS pada 16 April 1976. Namun keluar pada 10 September 2000. Tak lama kemudian, negara ini bergabung lagi sampai sekarang.

2. Mauritania

Mauritania menjadi anggota ECOWAS pada 4 November 1973 dan kemudian keluar pada 19 Desember 2000. Negara ini mengajukan keanggotaan baru pada 2017, namun belum terdaftar sebagai anggota penuh.

3. Maroko

Maroko, negara Islam yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel, menjadi anggota ECOWAS pada 23 Mei 1977 dan keluar pada 1 November 1985. Sampai sekarang, Maroko tidak terdaftar lagi sebagai anggota blok tersebut.

4. Togo

Togo adalah anggota pendiri ECOWAS, tetapi kemudian keluar pada tahun 1998 karena alasan politik dan keamanan. Togo kemudian kembali sebagai anggota pada tahun 2007.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1015 seconds (0.1#10.140)