6 Warga Kolombia Anggota Geng Ditangkap Terkait Pembunuhan Capres Ekuador

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 17:37 WIB
loading...
A A A
Pembunuhan itu memicu curahan kecaman dari dalam Ekuador dan seluruh dunia, termasuk dari kepala Hak Asasi Manusia PBB, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Mantan wakil presiden Ekuador dan calon presiden saat ini Otto Sonnenholzner mengatakan dalam sebuah wawancara eksklusif dengan CNN bahwa tingkat kekerasan di Ekuador adalah “sesuatu yang belum pernah kita lihat sebelumnya.”

“Ini sesuatu yang baru. Itu dimulai mungkin satu setengah atau dua tahun yang lalu. Ini adalah spiral kekerasan yang benar-benar di luar kendali dan menuntut tindakan nyata pemerintah yang tidak kita lihat,” kata Sonnenholzner.

Negara Andes, negara yang relatif damai hingga beberapa tahun lalu, kini dilanda krisis keamanan yang memburuk yang dipicu oleh perdagangan narkoba dan perang wilayah antara organisasi kriminal yang bersaing.

Kekerasan paling menonjol di pantai Pasifik Ekuador saat kelompok kriminal berjuang untuk mengontrol dan mendistribusikan narkotika, terutama kokain.

Negara ini juga kehilangan kendali atas penjara yang penuh sesak, yang sering diperintah oleh geng kriminal. Ratusan narapidana tewas dalam kerusuhan penjara yang brutal antara geng-geng yang saling bersaing.

“Geng-geng itu mengendalikan kejahatan di jalan-jalan dari penjara,” kata Sonnenholzner.

“Ada banyak pengaruh pengedar narkoba dan pengedar narkoba di berbagai institusi di negara ini, termasuk korupsi yang mempengaruhi peradilan, beberapa polisi, dan bahkan pemerintah daerah di seluruh Ekuador," sambungnya.



Sonnenholzner mengatakan kepada CNN bahwa Villavicencio telah menerima ancaman dua minggu lalu dari kelompok kejahatan terorganisir di Ekuador, tetapi dia tidak dilindungi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)