4 Negara Arab yang Memiliki Hubungan Diplomatik Penuh dengan Israel

Rabu, 09 Agustus 2023 - 17:33 WIB
loading...
4 Negara Arab yang Memiliki Hubungan Diplomatik Penuh dengan Israel
Ada empat negara Arab yang menjalin hubungan diplomatik penuh dengan Israel. Salah satunya Mesir, negara yang dulunya benci dengan Israel. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah negara Arab yang memiliki diplomatik penuh dengan Israel. Salah satunya memiliki riwayat kebencian yang panjang dan sering berperang.

Terlepas dari sejarah perseteruan negara-negara Arab dengan Israel, beberapa di antaranya telah melunak dan mulai membuka hubungan. Tak sekadar kerja sama di satu sektor, namun juga termasuk hubungan diplomatik.

Alasannya mereka menjalin hubungan diplomatik secara penuh cukup beragam. Ada yang berdalih untuk menjaga stabilitas keamanan Timur Tengah, membujuk Israel supaya berdamai dengan Palestina, dan masih banyak lainnya.

Negara Arab yang Memiliki Hubungan Diplomatik Penuh dengan Israel

1. Yordania


Yordania merupakan salah satu negara di kawasan Asia Barat. Wilayahnya berbatasan dengan Arab Saudi di selatan dan timur, Irak di timur laut, Suriah di utara, dan Palestina serta Israel di barat.

Yordania menjalin hubungan diplomatik penuh dengan Israel sejak 27 November 1994.

Dasar dari jalinan hubungan diplomatik ini adalah pelaksanaan perjanjian damai kedua negara. Israel dan Yordania juga terikat 15 perjanjian bilateral yang telah ditandatangani dan diratifikasi. Pelaksanaan rentetan perjanjian itu berjalan mulus.

Kemajuan ini tak terlepas dari kebutuhan masing-masing negara. Di satu sisi, Israel membutuhkan Yordania sebagai penyangga keamanan. Sebaliknya, Amman juga memiliki kebutuhan air dan stabilitas ekonomi dari Tel Aviv.

2. Uni Emirat Arab


Berikutnya ada Uni Emirat Arab. Negara di kawasan Asia Barat ini telah mengumumkan menjalin hubungan diplomatik penuh dengan Israel pada 2020 lalu.

Kesepakatan tersebut ditengahi oleh Donald Trump yang saat itu menjabat Presiden Amerika Serikat. Pernyataan bersama dikeluarkan masing-masing negara dengan dalih memajukan perdamaian di kawasan Timur Tengah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0837 seconds (0.1#10.140)