India Dilanda Bentrok Antar Etnis, Mosi Tidak Percaya Hantui Narendra Modi

Rabu, 09 Agustus 2023 - 02:08 WIB
loading...
India Dilanda Bentrok Antar Etnis, Mosi Tidak Percaya Hantui Narendra Modi
Perdana Menteri India Narendra Modi. Foto/The Wire
A A A
NEW DELHI - Parlemen India sedang memperdebatkan mosi tidak percaya yang diajukan partai oposisi terhadap pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi .

Anggota parlemen dari partai Kongres Gaurav Gogoi, yang mengajukan mosi pada 26 Juli, memprakarsai debat tersebut. Anggota parlemen akan memberikan suara untuk mosi tersebut pada hari Kamis setelah debat berakhir.

Pemerintah Modi tidak akan kehilangan suara karena Partai Bharatiya Janata (BJP) dan sekutunya memiliki mayoritas di parlemen.

Namun para pemimpin oposisi mengatakan debat tersebut akan memaksa Modi untuk berbicara tentang bentrokan etnis yang sedang berlangsung di negara bagian Manipur.



Lebih dari 150 orang tewas dan puluhan ribu orang mengungsi di Manipur sejak awal Mei, ketika bentrokan etnis pecah antara mayoritas kelompok Meitei dan suku minoritas Kuki. Modi secara terbuka hanya membahas kekerasan beberapa minggu kemudian, setelah sebuah video yang menunjukkan dua wanita diarak telanjang oleh massa yang memicu kemarahan global.

Berbicara di rumah, Gogoi mengatakan bahwa pihak oposisi telah mengajukan mosi untuk memecah kebungkaman Modi terhadap peristiwa di Manipur. Dia juga bertanya mengapa Modi belum mengunjungi negara bagian itu.

Pemimpin oposisi lainnya juga mengungkapkan keprihatinannya tentang situasi di Manipur dan keamanan perempuan di negara bagian tersebut.

Pembicara dari BJP menuduh oposisi memainkan permainan politik dan mengatakan bahwa mosi tidak percaya akan dikalahkan, seperti dikutip dari BBC, Rabu (9/8/2023).

Sidang parlemen saat ini, yang dimulai pada 20 Juli, ditandai dengan protes dari para pemimpin oposisi yang menuntut agar Modi berpidato di DPR tentang kekerasan di Manipur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)