Negara Mana yang Menjatuhkan Sanksi pada Niger? Yang Pasti Bukan Rusia dan China

Selasa, 08 Agustus 2023 - 20:52 WIB
loading...
Negara Mana yang Menjatuhkan Sanksi pada Niger? Yang Pasti Bukan Rusia dan China
Kudeta militer di Niger memicu banyak negara Barat menjatuhkan sanksi ekonomi. Foto/Reuters
A A A
DAKAR - Sekutu regional dan negara-negara Barat telah mengumumkan serangkaian sanksi terhadap negara itu menyusul kudeta 26 Juli di Niger .

Niger menjadi perhatian dunia karena penghasil uranium terbesar ketujuh di dunia. Uranium itu merupakan logam radioaktif yang banyak digunakan untuk energi nuklir dan pengobatan kanker.

Namun, Niger merupakan salah satu negara termiskin di dunia, menerima hampir USD2 miliar per tahun untuk bantuan pembangunan.

Menurut proyeksi anggaran 2023, dari total anggaran Niger sebesar 3.245 miliar franc CFA (USD5,53 miliar) untuk tahun fiskal, sekitar 342,44 miliar franc diharapkan berasal dari dukungan anggaran eksternal dan pinjaman.

978,47 miliar franc lainnya seharusnya berasal dari hibah proyek dan pinjaman dari mitra eksternal. Secara total, lebih dari USD2,2 miliar, atau sekitar 40% dari anggarannya, diharapkan berasal dari mitra eksternal.

Berikut adalah negara-negara yang telah menjatuhkan sanksi kepada Niger.

1.Blok Regional Afrika Barat

Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS) dan Persatuan Moneter dan Ekonomi Afrika Barat telah memberlakukan beberapa sanksi paling keras terhadap Niger sejauh ini sejak kudeta.

Dengan segera, blok tersebut telah menangguhkan semua transaksi komersial dengan Niger, membekukan aset negaranya di bank sentral regional, membekukan aset negara dan perusahaan negara di bank komersial, dan menangguhkan semua bantuan keuangan dengan bank pembangunan regional.

Sanksi keuangan dapat menyebabkan gagal bayar pembayaran utang Niger.

Penerbitan obligasi 30 miliar CFA franc (USD51 juta) yang direncanakan oleh Niger di pasar utang regional Afrika Barat dibatalkan oleh bank sentral regional setelah pengenaan sanksi. Niger telah merencanakan untuk mengumpulkan 490 miliar franc CFA ($834 juta) dari pasar utang regional pada tahun 2023.

Sanksi ECOWAS juga berarti Niger memutus pasokan listrik ke negara itu pada jalur Birnin-Kebbi 80 megawatt, sementara Pantai Gading menangguhkan impor dan ekspor barang-barang Nigeria.

Bank sentral regional Afrika Barat, BCEAO, menutup cabangnya di Niger, dengan alasan risiko terhadap operasi.

2.Uni Eropa

Uni Eropa (UE), salah satu kontributor terbesar Niger, telah menangguhkan dukungan keuangan dan kerja sama keamanan dengan Niger dengan segera.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)