Tak Takut Diinvasi, Junta Niger Abaikan Ultimatum ECOWAS

Senin, 07 Agustus 2023 - 07:06 WIB
loading...
Tak Takut Diinvasi, Junta Niger Abaikan Ultimatum ECOWAS
Ribuan warga Niger pendukung kudeta militer berkumpul di Niamey di tengah ancaman invasi negara-negara blok Afrika Barat. Foto/REUTERS
A A A
NIAMEY - Junta militer, yang berkuasa di Niger melalui kudeta terhadap Presiden Mohamed Bazoum, mengabaikan ultimatum negara-negara blok Afrika Barat atau ECOWAS. Junta tak takut dengan ancaman intervensi militer dari blok tersebut.

Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS) mengultimatum junta Niger agar mengembalikan kekuasan kepada Bazoum paling lambat hari Minggu (6/8/2023).

Namun sampai batas ultimatum berakhir, junta Niger menolak menyerahkan kekuasaan.

Junta militer telah bersumpah untuk membersihkan Niger dari pengaruh kolonial. Mereka dilaporkan telah meminta bantuan perusahaan militer swasta Rusia, Wagner Group, di tengah ancaman invasi ECOWAS.



Dalam ultimatumnya pekan lalu, ECOWAS menuntut pemimpin junta; Jenderal Abdourahamane Tchiani, dan kabinet jenderalnya mundur dan mengembalikan Presiden Mohamed Bazoum ke tampuk kekuasaan.

Sekadar diketahui, para jenderal Niger menggulingkan dan menangkap Presiden Bazoum pada 26 Juli lalu, di mana Jenderal Tchiani kemudian menghentikan ekspor mineral ke Prancis dan memutuskan untuk menangguhkan perjanjian militer dengan mantan penguasa kolonial negaranya.

Ultimatum ECOWAS telah berlalu tanpa diindahkan. "Kita semua akan berdiri dan berjuang sebagai satu orang," kata pejabat senior junta Jenderal Mohamed Toumba dalam pertemuan umum yang dihadiri ribuan pendukung di Ibu Kota Niger, Niamey, Minggu sore.

"Kami meminta Anda untuk tetap dimobilisasi," katanya lagi, seperti dikutip AFP, Senin (7/8/2023).

Dipimpin oleh Nigeria, beberapa negara anggota blok ECOWAS telah menyusun rencana perang dan sedang mempersiapkan invasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0635 seconds (0.1#10.140)