Akademisi Inggris: Pembakaran Alquran Adalah Tindakan Ekstremis

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 11:02 WIB
loading...
Akademisi Inggris: Pembakaran Alquran Adalah Tindakan Ekstremis
Pembakaran Alquran di Swedia dan Denmark dinilai sebagai tindakan ekstremis. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Para akademisi asal Inggris yang terkenal dengan karya mereka tentang agama, keyakinan, dan masyarakat di Inggris mengatakan bahwa serangan terhadap kitab suci umat Islam, Alquran , di negara-negara Skandinavia adalah "tindakan ekstremis yang harus dicegah".

Alison Scott-Baumann, Profesor Masyarakat dan Keyakinan di Pusat Studi Islam di Universitas SOAS, dan David Thomas, Profesor Teologi dan Agama di Universitas Birmingham, berbicara mengungkapkan Anadolu tentang meningkatnya serangan Islamofobia di negara-negara Skandinavia, khususnya Swedia dan Denmark.

Scott-Baumann mengungkapkan bahwa tindakan pembakaran Al-Qur'an di negara-negara Skandinavia adalah akibat dari efek yang ditimbulkan oleh wacana para politisi. "Wacana tersebut disuapi oleh gagasan menciptakan musuh dalam masyarakat oleh filsuf Nazi, Carl Schmidt." ungkapnya.

"Pemerintahan yang demokratis harus bisa membedakan antara kebebasan berbicara dan provokasi yang disengaja. Ini adalah tindakan provokasi," katanya. Dia mengingat keputusan UE bahwa "tindakan yang memicu kekerasan bukanlah kebebasan berekspresi tetapi tindakan ilegal."



Meskipun demikian, Scott-Baumann menekankan bahwa negara-negara Skandinavia memandang diri mereka sebagai "istimewa" dalam hal kebebasan berekspresi. "Ini, menurut saya, di negara beradab mana pun, ini adalah tindakan ilegal," katanya.

Menurut Scott-Baumann, filsuf Nazi Schmitt menyebutkan bahwa untuk mencapai masyarakat yang damai, sangat penting untuk membangun musuh internal yang harus dibenci. "Ini adalah situasi saat ini di negara-negara Nordik," katanya.

Dia menambahkan bahwa jika masyarakat menciptakan musuh, orang akan mengarahkan kebencian mereka kepada musuh buatan, bukan pemerintah. Dia menggarisbawahi bahwa yang lebih sulit untuk diselesaikan adalah masalah media sosial, yang menunjukkannya sebagai alasan lain mengapa pembakaran Alquran begitu efektif karena pesan semacam itu menyebar dalam hitungan detik.

Sedangkan menurut Thomas, tindakan pembakaran Alquran merupakan tindakan ekstremis. Tidak mudah untuk mengetahui secara pasti motivasi pelakunya. "Tapi yang jelas, mereka adalah orang-orang yang anti-Islam, apapun alasannya, dan siapa tahu dengan melakukan aksi pembakaran Al Quran itu sendiri akan memprovokasi. sebuah reaksi," kata Thomas.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)