4 Alasan Rusia Tingkatkan Anggaran Militer Mencapai Rp1.515 Triliun

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 08:30 WIB
loading...
4 Alasan Rusia Tingkatkan Anggaran Militer Mencapai Rp1.515 Triliun
Konflik di Ukraina dan melawan NATO menyebabkan Rusia harus meningkatkan anggaran militernya. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia menggandakan target pengeluaran pertahanan 2023 menjadi lebih dari USD100 miliar (Rp1.515 triliun) atau sepertiga dari seluruh pengeluaran publik.

Itu dilaporkan setelah Reuters mempelajari sebuah dokumen pemerintah. Banyak pihak menduga peningkatan anggaran pertahanan itu karena biaya perang di Ukraina meningkat dan beban keuangan Moskow.

Angka-angka tersebut menyoroti pengeluaran Rusia untuk konflik pada saat data pengeluaran anggaran khusus sektor tidak lagi dipublikasikan.

Mereka menunjukkan bahwa pada paruh pertama tahun 2023 saja, Rusia membelanjakan 12%, atau 600 miliar rubel, lebih banyak untuk pertahanan daripada 4,98 triliun rubel (USD54 miliar) yang awalnya ditargetkan untuk tahun 2023.

Pengeluaran pertahanan dalam enam bulan pertama tahun 2023 berjumlah 5,59 triliun rubel, 37,3% dari total 14,97 triliun rubel yang dihabiskan pada periode tersebut. Rencana anggaran Rusia membayangkan 17,1% dari total dana yang dihabiskan untuk "Pertahanan Nasional".

Pemerintah Rusia dan kementerian keuangan tidak menanggapi permintaan komentar atas angka tersebut.

Meningkatnya biaya perang mendukung pemulihan ekonomi sederhana Rusia tahun ini dengan produksi industri yang lebih tinggi, tetapi telah mendorong keuangan anggaran menjadi defisit sekitar USD28 miliar - angka yang diperparah oleh penurunan pendapatan ekspor.

Berikut adalah 4 pemicu peningkatan anggaran militer Rusia.

1. Invasi ke Ukraina

4 Alasan Rusia Tingkatkan Anggaran Militer Mencapai Rp1.515 Triliun

Foto/Reuters

Pengeluaran yang lebih tinggi untuk pertahanan, karena Moskow menuntut apa yang disebutnya "operasi militer khusus" di Ukraina. Itu dapat memperlebar defisit lebih jauh, sementara peningkatan produksi dapat mengkanibal sektor lain dan menekan investasi swasta.

Perhitungan Reuters berdasarkan dokumen tersebut menunjukkan bahwa Rusia telah menghabiskan 19,2% untuk pertahanan dalam enam bulan pertama dari semua pengeluaran anggaran yang awalnya direncanakan untuk tahun 2023 secara keseluruhan.

Data terakhir yang tersedia untuk umum menunjukkan Moskow telah menghabiskan 2 triliun rubel untuk militer pada Januari dan Februari. Pada paruh pertama tahun ini, belanja anggaran lebih tinggi 2,44 triliun rubel dibandingkan periode yang sama tahun 2022. Berdasarkan dokumen tersebut, 97,1% dari jumlah tambahan itu ditujukan untuk sektor pertahanan.

Dokumen tersebut memberikan perkiraan baru untuk pengeluaran pertahanan tahunan sebesar 9,7 triliun rubel, sepertiga dari total target pengeluaran sebesar 29,05 triliun rubel, yang akan menjadi bagian tertinggi setidaknya dalam satu dekade terakhir.

Antara 2011 dan 2022, Rusia menghabiskan minimal 13,9% dan maksimal 23% anggarannya untuk pertahanan.

Rusia telah menghabiskan 57,4% dari anggaran pertahanan tahunannya yang baru, dokumen itu menunjukkan.


2. Memperkuat Industri Militer

4 Alasan Rusia Tingkatkan Anggaran Militer Mencapai Rp1.515 Triliun

Foto/Reuters

Produksi militer telah mendorong pemulihan yang kuat dalam hasil industri, dan analis mengatakan bahwa kontrak pertahanan negara telah menjadi pendorong utama pemulihan ekonomi Rusia terhadap pertumbuhan PDB sepanjang tahun ini dari kontraksi 2,1% pada tahun 2022.

Pendanaan pertahanan khusus berada di bawah pengeluaran tertutup, tetapi beberapa data, meskipun tidak lagi bersifat publik, diedarkan. Misalnya, dokumen tersebut menunjukkan bahwa Rusia menghabiskan hampir 1 triliun rubel untuk gaji militer pada paruh pertama, 543 miliar rubel lebih banyak daripada periode yang sama tahun lalu.

Wakil Perdana Menteri Denis Manturov mengatakan pada bulan Juli bahwa industri pertahanan sekarang memproduksi lebih banyak amunisi setiap bulan daripada sepanjang tahun 2022.

"Kompleks industri militer memungkinkan pertumbuhan industri, industri 'sipil' melambat lagi," kata Dmitry Polevoy, kepala investasi di Locko-Invest, setelah data produksi industri bulan Juni pekan lalu.

Itu menunjukkan peningkatan 6,5% tahun-ke-tahun, sebagian besar berkat efek dasar yang rendah tahun lalu. Dengan mengecualikan produksi musiman, pertumbuhan berhenti sama sekali.

Ekonom CentroCreditBank Yevgeny Suvorov mengatakan industri militer berjalan dengan kapasitas penuh.

“Kami tidak tahu apa potensi peningkatan produksi tank dan rudal lebih lanjut,” kata Suvorov di saluran Telegram MMI-nya. "Tapi kita tahu bahwa meningkatkan output ini lebih jauh hanya mungkin dengan mengorbankan lebih banyak staf dari sektor ekonomi lainnya."


3. Mengabaikan Sektor Non-militer

4 Alasan Rusia Tingkatkan Anggaran Militer Mencapai Rp1.515 Triliun

Foto/Reuters

Pendanaan untuk sekolah, rumah sakit, dan jalan sudah diperas tahun ini untuk mendukung pertahanan dan keamanan, tetapi karena porsi belanja pertahanan meningkat, bidang lain dapat mengalami pemotongan.

4. Mengabaikan Ancaman Krisis Keuangan

4 Alasan Rusia Tingkatkan Anggaran Militer Mencapai Rp1.515 Triliun

Foto/Reuters

Eksportir bersih Rusia biasanya membukukan surplus anggaran, tetapi akan membukukan defisit untuk tahun kedua berjalan, dengan nilai ekspor energi turun 47% tahun-ke-tahun di semester pertama.

Pengeluaran anggaran yang lebih tinggi menambah risiko inflasi. Bank sentral menaikkan suku bunga menjadi 8,5% pada bulan Juli dan analis memperkirakan biaya pinjaman akan meningkat lebih lanjut.

Bank of Russia memperkirakan pertumbuhan PDB sebesar 1,5%-2,5% tahun ini, sejalan dengan jajak pendapat analis oleh Reuters minggu lalu. Dana Moneter Internasional pada bulan April memperkirakan pertumbuhan 0,7% tahun ini, tetapi dengan isolasi global meredam prospek Rusia di tahun-tahun mendatang.

"'Steroid' fiskal yang melimpah membantu cukup baik untuk saat ini, tetapi hampir tidak meningkatkan posisi ekonomi jangka menengah atau panjang," kata Polevoy. "Segera setelah konsolidasi fiskal tidak dapat dihindari, akan terjadi perlambatan ekonomi yang cepat."
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)