10 Tanda Perang Dunia III Sudah Dekat, Nomor 3 Sangat Dekat Indonesia

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 08:06 WIB
loading...
10 Tanda Perang Dunia III Sudah Dekat, Nomor 3 Sangat Dekat Indonesia
Banyak tanda-tanda yang menunjukkan Perang Dunia III akan terjadi. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Mungkinkah dunia telah terjerumus ke dalam perang dunia tanpa diketahui? Mungkinkah Perang Dunia III dan kehancuran yang menyertainya sudah dekat sementara dunia menonton dan menyelenggarakan peragaan busana di negara-negara lain?

Mungkinkah meningkatnya kejahatan rasial di dunia; dan perang di beberapa negara yang sudah berlangsung lama menjadi tanda Perang Dunia III? Apalagi, banyak negara yang enggan melucuti kepemilikan senjata nuklirnya.

Berikut adalah 10 tanda Perang Dunia II yang sudah dekat dan ada di sekitar manusia.

1. Blok kekuatan

10 Tanda Perang Dunia III Sudah Dekat, Nomor 3 Sangat Dekat Indonesia

Foto/Reuters

Melansir Wonderlist, sama seperti di perang besar sebelumnya, ada dua blok kekuatan yang saling menantang dan saling berhadapan. Di satu sisi adalah Rusia dan China dengan sekutunya mendukung rezim Bashar al-Assad di Suriah.

Sementara di sisi lain ada Turki yang mendukung para pemberontak dan AS yang dalam konspirasi mendukung semua orang melawan yang lain tetapi di halaman itu juga mendukung para pemberontak. Suriah dan Irak telah menjadi zona perang proksi untuk dua blok kekuatan ini.

Afghanistan telah menjadi wilayah perang proksi untuk India dan Pakistan di mana masing-masing didukung oleh negara kuat lainnya. Dengan cara ini, setiap negara terseret ke dalam perang. Mereka yang tidak memiliki sumber daya, mengobarkan perang dengan laki-laki dan konspirasi.

2. Syiah dan Sunni

10 Tanda Perang Dunia III Sudah Dekat, Nomor 3 Sangat Dekat Indonesia

Foto/Reuters

Dunia Muslim terpecah antara Syiah dan Sunni. Yang pertama didukung oleh Rusia sementara yang terakhir mencari dukungan dari AS belum lagi bahwa kedua negara kuat ini juga merupakan kekuatan nuklir. Pasukan Syiah dipimpin oleh Iran sementara Sunni berkumpul di sekitar Arab Saudi.

Negara-negara yang ingin tetap netral terhadap situasi di hadapannya misalnya Pakistan dan Qatar menghadapi ancaman boikot dan penutupan ekonomi sehingga membuat mereka segera bersatu dengan satu sisi. Timur Tengah secara keseluruhan sedang beristirahat di atas bom saat ini.

3. Laut Cina Selatan

10 Tanda Perang Dunia III Sudah Dekat, Nomor 3 Sangat Dekat Indonesia

Foto/Reuters

Di Asia, China merugikan negara-negara lebih kecil seperti Brunei, Malaysia, Filipina, dan Jepang - yang didukung oleh AS - karena mengklaim pulau-pulau di Laut China Selatan. Yang dipertaruhkan adalah cadangan gas dan minyak di daerah tersebut serta jalur yang aman untuk kapal dagang China.

China belum menerjemahkan kekuatan ekonominya menjadi kekuatan politik, tetapi jika itu dilakukan, apakah itu akan mengarah ke konfrontasi terbuka dengan AS?

Ada laporan tentang kapal induk dan pesawat tak berawak AS yang menyelidiki perairan di sekitar wilayah China dan dampaknya sejauh ini belum hangat, pertukaran politik yang agak panas antara kedua negara telah terjadi.


4. Perang yang Diluncurkan AS

10 Tanda Perang Dunia III Sudah Dekat, Nomor 3 Sangat Dekat Indonesia

Foto/Reuters

Ketika tentara Amerika menginvasi Irak pada awal dekade sebelumnya, AS sendiri mengatakan bahwa itu adalah awal dari perang besar lainnya. Bertahun-tahun kemudian, para sejarawan mungkin menandai awal Perang Dunia III dari invasi pada tahun 1990 atau yang dirujuk oleh George W. Bush.

5. ISIS dan Konflik Antarbenua

10 Tanda Perang Dunia III Sudah Dekat, Nomor 3 Sangat Dekat Indonesia

Foto/Reuters

Dunia kini menghadapi ancaman terorisme di tingkat global dalam bentuk ISIS. Jadi, bahkan jika Rusia dan Turki saling bertentangan di platform Suriah, mereka berdua saling bertentangan dengan ISIS.

Ini benar-benar labirin koneksi; Berbasis politik, ekonomi dan agama. ISIS menyerang negara mana pun, di mana pun di dunia sehingga seperti seluruh dunia melawan ISIS dan negara-negara yang mendukungnya.

Bagi ISIS dan sekutunya, tujuannya adalah untuk menghancurkan musuh. Bagi Nazi itu untuk menghancurkan sebagian dari umat manusia dan sejauh menyangkut sekutu, mereka ingin menyapu bersih rezim Nazi. Meskipun musuh bukan satu-satunya target dalam pertempuran, logika di balik perang sebelumnya adalah sama.


6. Pemimpin Agresif

Dunia saat ini diperintah oleh sekelompok pemimpin yang agresif. Di satu sisi kita memiliki kejutan, di tengah kita memiliki pemimpin yang paling tidak terganggu dengan apa yang dilakukan atau dikatakan oleh tetangga mereka yang mengancam. Kami memiliki pemimpin yang siap untuk melindungi pertumbuhan ekonomi mereka dan kekhawatiran dengan biaya "berapa pun" dan mereka yang akan menentang semua otoritas untuk mencapai ambisi militer mereka.

Perang besar sebelum yang ketiga dimulai karena klaim teritorial dan karena Crimea tergantung pada keseimbangan antara Ukraina dan Rusia, hubungan yang tegang tidak membantu dalam hal keraguan perang.

Demikian juga China mengklaim Laut China Selatan dan Taiwan yang menambah kelaparan teritorial dan mengakibatkan kegelisahan.

7. Efek Luapan Arab Spring

Musim Semi Arab membuat beberapa negara menyusun diri menuju demokrasi. Tunisia, beberapa menuju kediktatoran militer seperti; Mesir dan beberapa dalam kekacauan mutlak seperti; Suriah dan Libia.

Tidak ada yang tahu kapan situasi di negara-negara tersebut akan terkendali. Tidak ada yang yakin apakah konflik bisa meluas ke negara-negara tetangga juga. Pakistan misalnya memang melihat cuplikan konflik berupa terorisme yang berdatangan dari Afghanistan.

8. Organisasi Dunia yang Tak Berdaya

10 Tanda Perang Dunia III Sudah Dekat, Nomor 3 Sangat Dekat Indonesia

Foto/Reuters

Komisi Hak Asasi Manusia PBB terdiri dari China, Rusia dan Arab Saudi yang merupakan pemimpin entropi saat ini. Arab Saudi memimpin koalisi Muslim melawan terorisme, China dengan klaimnya yang kuat dan ambisi ekonominya tidak membawa kita ke tempat yang damai sementara Rusia mengintai di perairan gelap Timur Tengah.

Sama seperti tahun 1940-an ketika Liga Bangsa-Bangsa tidak dapat mencegah Perang Dunia, PBB saat ini tampak tidak berdaya.

9. Tidak Ada Dunia Unipolar

Uni Soviet tidak dapat mengikuti ambisi Donald Reagan dan akhirnya dunia bergerak menuju unipolaritas dengan Paman Sam menjadi tangan boneka dunia. Dengan meningkatnya kekuatan ekonomi China dan kemampuan teknologinya yang berkembang, China dapat menghadapi mata AS dalam beberapa tahun.

10. Pasar Senjata

10 Tanda Perang Dunia III Sudah Dekat, Nomor 3 Sangat Dekat Indonesia

Foto/Reuters

Industri senjata dan persenjataan adalah salah satu yang terbesar di dunia dengan total perdagangan melebihi USD1 triliun USD setiap tahun. Setiap tahun, perdagangan senjata melebihi tahun sebelumnya. Senjata digunakan untuk pencegahan tetapi pada akhirnya dapat digunakan untuk kepentingan pedagang dan produsen senjata.

Beberapa ahli teori percaya bahwa pedagang dan produsen senjata adalah perencana utama perang, yang mengarah pada keuntungan mereka. Siapa tahu? Kita hanya bisa bertanya-tanya kemana mereka akan menghabiskan uang mereka jika tidak ada dunia?
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)