10 Pangkalan Militer AS di Negara Muslim, Mayoritas di Timur Tengah

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 12:24 WIB
loading...
10 Pangkalan Militer AS di Negara Muslim, Mayoritas di Timur Tengah
Qatar menjadi negara Muslim yang memiliki pangkalan militer AS paling strategis di Timur Tengah. Foto/Reuters
A A A
RIYADH - Amerika Serikat (AS) memiliki banyak pangkalan militer di seluruh dunia. Bahkan, banyak negara Muslim di dunia juga menjadi tempat pangkalan militer AS.

Itu tidak lepas karena banyak negara Muslim beraliansi dengan Washington. Pangkalan militer itu sebagai simbol kedekatan negara Muslim tersebut dengan AS.

Bagi negara yang ditempati pangkalan militer AS, itu bisa menjadi simbol kedekatan dengan AS. Itu juga menjadi jaminan keamanan dan pertahanan dari invasi musuh. Selain itu, mereka juga bisa belajar dan bekerjasama lebih erat dalam pertahanan dan militer.

Berikut adalah 10 negara Muslim yang memiliki pangkalan militer AS.

1. Arab Saudi

Arab Saudi sudah sejak lama dikenal sebagai mitra utama AS di Timur Tengah. Meskipun mengalami berbagai ketegangan, kedua negara tetap mesra dalam menjalin kerjasama militer.

Pasukan AS di lapangan dan yang lainnya akan dikerahkan dalam misi untuk melawan militer Iran. Pengerahan akan membuat jumlah total pasukan di Arab Saudi menjadi 3.000.

Melansir 5pillarsuk, aset militer termasuk sistem radar dan rudal untuk meningkatkan pertahanan udara, sayap ekspedisi udara untuk mendukung pesawat tempur dan dua skuadron tempur juga dikirim.


2. Turki

Sama seperti Saudi, ketika hubungan diplomasi AS dan Turki turun naik dan panas dingin, kedua negara juga saling membutuhkan.

Pangkalan Udara Incirlik digunakan oleh Angkatan Udara AS, menampung sekitar 5.000 penerbang. Senjata nuklir taktis disimpan di pangkalan. Diantaranya adalah hingga 50 bom nuklir B61.

3. Qatar

Salah satu pangkalan militer AS paling strategi di Timur Tengah berada di Qatar.

Kenapa? Pangkalan Udara Al Udeid menampung Angkatan Udara AS dan merupakan markas Komando Pusat Angkatan Udara AS.

Menurut laporan media pada Juni 2017, pangkalan itu menampung lebih dari 11.000 pasukan koalisi anti-ISIS pimpinan AS dan AS serta lebih dari 100 pesawat operasional.


4. Kuwait

Camp Arifjan dikenal sebagai fasilitas militer Angkatan Darat A.S. di Kuwait yang mengakomodasi unsur-unsur Angkatan Udara A.S., Angkatan Laut A.S., Korps Marinir A.S., dan Penjaga Pantai A.S.

Ribuan anggota tentara dan kontraktor melewati Kamp Arifjan baik dalam perjalanan ke atau dari Irak, Afghanistan atau negara lain di Asia Barat Daya.

5. Uni Emirat Arab

Sekitar 3.500 personel militer Amerika yang ditempatkan di Pangkalan Udara Al Dhafra di Abu Dhabi. Pangkalan tersebut adalah salah satu pangkalan utama militer AS di wilayah tersebut.

6. Irak

Sebagai negara yang pernah diserbu AS, Washington juga menempatkan militernya di negara tersebut.

Pada tahun 2014, kemajuan ISIS dari Suriah ke provinsi barat Irak mendorong AS untuk campur tangan lagi di Irak. Pada Januari 2019, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menyebutkan jumlah pasukan AS di Irak sekitar 5.000.

Pangkalan udara Ain al-Assad, yang menampung pasukan AS, adalah salah satu pangkalan militer terbesar dan tertua di Irak.

Pangkalan militer lain di Erbil, juga menjadi sasaran Iran pada Rabu pagi, menampung pasukan AS. Itu terletak di wilayah semi-otonom Kurdi di Irak, dijalankan oleh Pemerintah Daerah Kurdistan, yang merupakan sekutu kuat AS.

7. Suriah

Pada Oktober 2019, pemerintahan Trump melakukan pembalikan sebagian dari perintahnya untuk menarik 1.000 tentara dari Suriah, alih-alih mengonfirmasi misi baru yang didedikasikan untuk menjaga ladang minyak dan gas serta infrastruktur di Suriah timur dari serangan ISIS.

AS secara bersamaan mengalihkan lebih banyak sumber daya ke selatan dan timur ke Kegubernuran Deir ez-Zor yang kaya minyak. Ketika digabungkan dengan garnisun AS di al-Tanf, jumlah pasukan kontingensi meningkat menjadi 800-900 personel yang fleksibel.

Tapi mereka hadir di Suriah bertentangan dengan keinginan pemerintah di Damaskus.

8. Bahrain

Naval Support Activity Bahrain (atau NSA Bahrain) adalah pangkalan Angkatan Laut A.S. dan rumah bagi Komando Pusat Angkatan Laut A.S. dan Armada Kelima Amerika Serikat.

Ini adalah pangkalan utama di kawasan itu untuk kegiatan angkatan laut dan laut dalam mendukung kegiatan militer AS di Irak dan Afghanistan.

9. Oman

Oman dikenal sebagai aliansi utama AS. Pangkalan udara Thumrait di Kegubernuran Dhofar menampung Angkatan Udara A.S.

10. Kosovo

AS memiliki pangkalan militer di Kosovo.

Camp Bondsteel adalah pangkalan utama Angkatan Darat AS di bawah komando KFOR di Kosovo. Pangkalan tersebut berfungsi sebagai markas NATO untuk KFOR's Multinational Battle Group East.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)