10 Negara dengan Ibu Kota Lebih dari 1, Nomor 1 Bahkan Punya 3 Ibu Kota

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 03:15 WIB
loading...
10 Negara dengan Ibu Kota Lebih dari 1, Nomor 1 Bahkan Punya 3 Ibu Kota
Malaysia adalah salah satu negara yang memiliki satu ibu kota. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Setiap negara umumnya memiliki satu ibu kota yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan, politik, dan administratif.

Namun, ada beberapa negara yang memiliki lebih dari satu kota yang memiliki status istimewa atau peran khusus yang mirip dengan ibu kota dalam beberapa hal, seperti menjadi pusat keuangan, budaya, atau komersial.

Berikut adalah negara yang memiliki ibu kota lebih dari satu kota yang dilansir dari sejumlah sumber

1. Afrika Selatan


Negara di benua Afrika ini bukan hanya memiliki 1 ibu kota tetapi 3. Ya, negara yang pernah dipimpin oleh pejuang anti-apartheid Nelson Mandela ini mempunyai 3 ibu kota yaitu Pretoria, Bloemfontein, and Cape Town.

Pretoria adalah ibu kota administratif dan eksekutif, Cape Town adalah ibu kota legislatif, sedangkan Bloemfontein adalah ibu kota yudikatifnya.

Pemisahan yang disengaja menunjukkan desentralisasi dan pembagian kekuasaan antara entitas di berbagai bagian negara. Ini juga mengakomodasi kelompok etnis yang berbeda di seluruh Afrika Selatan dan memastikan masukan yang adil ke dalam pembuatan undang-undang sementara negara berfungsi, memperhitungkan pandangan yang beragam.

2. Sri Lanka


Negara Asia Selatan ini mempunyai dua ibu kota yaitu Sri Jayawardenepura Kotte and Kolombo. Negara kepulauan dengan demografi kecil ini menetapkan Sri Jayawardenepura Kotte sebagai ibu kota administratifnya dan Kolombo disebut sebagai ibu kota perdagangan dan peradilannya.

Kolombo, kota yang berada di pesisir, adalah kota yang penuh warna dengan pantai berpasir yang indah dan kehidupan pesta yang terkenal. Kota ini terkenal dengan pantai dan landmarknya yang indah. Karena kota menjadi terlalu padat selama bertahun-tahun, badan legislatif nasional negara itu dipindahkan ke kota satelit Sri Jayawardenepura Kotte.

3. Benin


Sebuah negara kecil yang terletak di wilayah Afrika Barat berbatasan dengan negara-negara seperti Niger dan Burkina Faso ini memiliki dua ibu kota. Porto Novo dianggap sebagai ibu kota resmi Benin, sedangkan Cotonou disebut sebagai ibu kota yudisialnya.

Selain menjadi ibu kota yudisial, Cotonou adalah kota terbesar di Benin yang populer di kalangan turis karena pemandangannya.

4. Bolivia


Bolivia adalah negara yang terletak di Benua Amerika Selatan yang berbatasan dengan negara-negara seperti Peru, Chili, Brasil, Argentina, dan Paraguay. Negara ini memiliki dua ibu kota yaitu Sucre yang disebut sebagai ibu kota resmi Bolivia, sedangkan La Paz adalah ibu kota eksekutif dan legislatif.

Yang menarik La Paz juga merupakan ibu kota tertinggi di dunia, dengan pemandangan indah di sepanjang dataran tinggi Altiplano Andes di ketinggian lebih dari 3.650 meter di atas permukaan laut.

5. Chili


Negara di benua Amerika lainnya yang memiliki ibu kota lebih dari satu adalah Chile, sebuah negara yang berbagi perbatasannya dengan negara-negara seperti Brasil, Peru, Bolivia, dan Argentina. Santiago dianggap sebagai ibu kota resmi Chile, sedangkan Valparaiso dianggap sebagai ibu kota legislatifnya.

Santiago dan Valparaiso, hanya berjarak 72 mil. Santiago adalah kota wisata yang ramai dan pusat keramaian yang penuh dengan bangunan. Mengikuti keinginan rezim diktator Augusto Pinochet Ugarte, yang merasa perlu untuk memulihkan dan mendesentralisasikan kekuasaan di dalam negeri negara itu kemudian memindahkan legislatif nasional ke lokasi kedua pada tahun 1990. Entitas politik dipindahkan ke seberang Santiago, yaitu kota Valparaiso, rumah bagi lanskap yang sangat indah.

6. Pantai Gading


Negara lain di benua Afrika yang memiliki ibu kota lebih dari 1 adalah Pantai Gading. Negara yang terletak di wilayah Afrika Barat, berbatasan dengan negara-negara tetangga seperti Liberia, Ghana, Burkina Faso, dan Mali ini mempunyai Yamoussoukro sebagai ibu kota resminya. Sedangkan Abidjan disebut ibu kota eksekutifnya.

Abidjan, kota terbesar dan ibu kota ekonomi Pantai Gading, adalah pusat pemerintahan de facto. Budaya metropolitan arsitektur yang indah, seni, dan pasar yang semarak. Dengan banyak kantor pemerintahan dan kedutaan asingnya, Abidjan menjalankan semua fungsi untuk memastikan kelancaran negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)