Seruan Pentolan Komunis Selamatkan Proyek Xi Jinping dari Banjir China Picu Kemarahan

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 11:13 WIB
loading...
Seruan Pentolan Komunis Selamatkan Proyek Xi Jinping dari Banjir China Picu Kemarahan
Petinggi Partai Komunis China serukan penyelamatan proyek-proyek unggulan Presiden Xi Jinping dari banjir besar di sekitar ibu kota. Seruan ini memicu kemarahan dari para korban banjir. Foto/China Daily via REUTERS
A A A
BEIJING - Seorang pejabat penting Partai Komunis China membuat seruan untuk menyelamatkan proyek-proyek unggulan Presiden Xi Jinping dari banjir besar yang sedang melanda.

Alih-alih direspons baik, seruan ini justru memicu kemarahan dari para korban banjir.

Seruan itu dibuat oleh Ni Yuefeng, bos Partai Komunis Provinsi Hebei, dalam sebuah video yang telah ditonton lebih dari 80 juta kali di Weibo--plattform mirip Twitter di China--pada hari Kamis.

Banyak orang mengungkapkan kemarahannya kepada Ni karena dia menyerukan kota-kota di provinsi yang berbatasan dengan Beijing untuk dengan tegas memainkan peran yang baik sebagai parit untuk ibu kota.



Dia mengatakan daerah Xiong'an—sebuah kota baru yang mulai dibangun China pada tahun 2017 yang digambarkan Xi Jinping sebagai proyek "signifikansi milenial"—mewakili "prioritas utama pengendalian banjir di provinsi kami."

Beberapa tanda pagar (tagar) yang menyinggung seruan Ni awalnya ramai di Weibo sebelum akhirnya disensor otoritas terkait.

Hu Xijin, mantan pemimpin redaksi Global Times, menulis dalam sebuah postingan di akun Weibo-nya bahwa keselamatan jiwa dan harta benda orang harus sama pentingnya di Beijing dan sekitarnya.

Dia mengkritik gagasan bahwa Hebei harus menjadi "parit" ibu kota, tanpa menyebut nama Ni.

Pejabat senior lainnya, Li Guoying, Menteri Sumber Daya Air China, membuat pernyataan serupa tentang Bandara Internasional Xiong'an dan Beijing Daxing, fasilitas senilai 80 miliar yuan (USD11,1 miliar) di selatan ibu kota yang dibuka pada 2019.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)