10 Negara dengan Tingkat Pemerkosaan Tertinggi, Nomor 9 Warganya Paling Bahagia Sedunia

Rabu, 02 Agustus 2023 - 20:35 WIB
loading...
10 Negara dengan Tingkat Pemerkosaan Tertinggi, Nomor 9 Warganya Paling Bahagia Sedunia
Banyak negara di dunia memiliki tingkat pemerkosaan yang tinggi. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Pemerkosaan merupakan kejahatan yang sangat kompleks dan keji. Di beberapa belahan dunia, sangat jarang dilaporkan.

Wanita di beberapa negara sangat kecil kemungkinannya untuk mencatat keluhan mereka, karena stigma sosial yang ekstrim yang diberikan kepada wanita yang telah diperkosa, atau menjadi sasaran kekerasan atau takut diasingkan oleh keluarga mereka.

Statistik pemerkosaan dan serangan seksual lainnya umumnya tersedia di negara-negara maju, dan menjadi lebih umum. Sejumlah besar pemerkosaan tidak dilaporkan di seluruh dunia.

Berikut adalah 10 negara dengan tingkat pemerkosaan tertinggi di dunia.

1. Afrika Selatan

10 Negara dengan Tingkat Pemerkosaan Tertinggi, Nomor 9 Warganya Paling Bahagia Sedunia

Foto/Rueters

Dilansir Wonder List, dengan perkiraan 500.000 kasus perkosaan setiap tahun, negara ini memiliki tingkat Kejahatan Pemerkosaan tertinggi di dunia. Diperkirakan lebih dari 40% wanita Afrika Selatan akan diperkosa seumur hidup mereka.

Dewan Riset Medis memperkirakan bahwa hanya 1 dari 9 pemerkosaan yang dilaporkan. Dengan demikian jumlah pemerkosaan yang sebenarnya jauh lebih tinggi daripada angka yang dicatat oleh polisi.

Dengan insiden Kejahatan Pemerkosaan tertinggi yang dilaporkan, Afrika Selatan menempati urutan teratas. Mayoritas kekerasan seksual terhadap perempuan, namun laki-laki dan anak-anak juga menjadi sasaran kejahatan ini. Menurut sebuah laporan, di atas 4% pria dipaksa berhubungan seks dengan pria lain.

Menurut Polisi Afrika Selatan, anak-anak menjadi korban dari 41% dari semua kasus pemerkosaan yang dilaporkan. Sekitar 15% korban perkosaan adalah anak-anak di bawah usia 11 tahun. Menurut Yayasan Air Mata Afrika Selatan dan Dewan Riset Medis, 50% anak Afrika Selatan akan dilecehkan sebelum usia 18 tahun. Sumber lain menyatakan bahwa ada 24.892 perkosaan dan percobaan pemerkosaan terhadap anak-anak di bawah usia 18 tahun.


2. Swedia

10 Negara dengan Tingkat Pemerkosaan Tertinggi, Nomor 9 Warganya Paling Bahagia Sedunia

Foto/Rueters

Swedia sekarang memiliki jumlah pemerkosaan tertinggi kedua di dunia, setelah Afrika Selatan, yaitu 53,2 per 100.000. Statistik sekarang menunjukkan bahwa 1 dari setiap 4 wanita Swedia menjadi korban pemerkosaan. Namun, jika melihat jumlah pemerkosaan, peningkatannya bahkan lebih buruk.

Pada tahun 1975, hanya ada 421 pemerkosaan yang dilaporkan ke polisi – pada tahun 2014, jumlahnya mencapai 6.620. Itu adalah peningkatan 1.472%. Tampaknya Swedia adalah tempat yang jauh lebih berbahaya bagi wanita di dunia.

Selain itu, Swedia memiliki tingkat pemerkosaan tertinggi di Eropa. Pada 2013, menurut Dewan Nasional Pencegahan Kejahatan Swedia, ada 63 kasus perkosaan per 100.000 penduduk yang dilaporkan ke polisi Swedia.

Menurut pendukung krisis pemerkosaan di Swedia, 1 dari 3 wanita Swedia telah mengalami pelecehan seksual pada saat mereka beranjak remaja. Selama paruh pertama tahun 2013, lebih dari 1.000 wanita Swedia dilaporkan telah diperkosa oleh imigran Muslim di Stockholm; lebih dari 300 di antaranya berusia di bawah 15 tahun.

3. Amerika Serikat

10 Negara dengan Tingkat Pemerkosaan Tertinggi, Nomor 9 Warganya Paling Bahagia Sedunia

Foto/Rueters

Menurut Universitas George Mason, Statistik Serangan Seksual Sedunia, 1 dari 3 wanita Amerika akan mengalami pelecehan seksual selama hidup mereka. Sekitar 19,3% wanita dan 2% pria telah diperkosa setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Selain itu, diperkirakan 43,9% wanita dan 23,4% pria mengalami bentuk kekerasan seksual lainnya selama hidup mereka. Banyak korban pelecehan seksual yang menjadi korban di usia muda, sekitar 79% pertama kali diperkosa sebelum usia 25 tahun, dan 40% sebelum usia 18 tahun. (sumber; usatoday).

Menurut RAIIN, setiap 107 detik, seseorang di Amerika Serikat mengalami pelecehan seksual. Ada rata-rata 293.000 korban (usia 12 atau lebih) dari kekerasan seksual setiap tahun. 68% pelecehan seksual tidak dilaporkan ke polisi. 98% pemerkosa tidak akan pernah menghabiskan satu hari pun di penjara.


4. Inggris

Pemerkosaan di Inggris Raya bukanlah pelanggaran yang netral gender. Ini adalah pelanggaran yang hanya dapat dilakukan oleh laki-laki terhadap seseorang. Inggris juga belum mengikuti tren di banyak negara yang mengklasifikasikan tindakan selain penetrasi dengan penis (misalnya penetrasi dengan benda, jari) sebagai pemerkosaan.

Menurut sebuah laporan berjudul “An Overview of Sexual Offending in England and Wales”, dirilis pada 2013, oleh Kementerian Kehakiman (MoJ), Kantor Statistik Nasional (ONS) dan Kantor Pusat; Sekitar 85.000 korban perkosaan per tahun di Inggris dan Wales – 73.000 perempuan dan 12.000 laki-laki, setara dengan sekitar 230 kasus setiap hari.

Laporan tersebut menyatakan bahwa 1 dari setiap 5 perempuan telah mengalami beberapa bentuk kekerasan seksual sejak usia 16 tahun.

Menurut laporan BBC, jumlah pemerkosaan yang dilaporkan dan dicatat oleh polisi berada pada tingkat tertinggi, meningkat 29 persen karena kejahatan secara keseluruhan turun di Inggris dan Wales.

5. India

10 Negara dengan Tingkat Pemerkosaan Tertinggi, Nomor 9 Warganya Paling Bahagia Sedunia

Foto/Rueters

Pemerkosaan dan kekerasan seksual adalah masalah besar di India. Menurut Biro Catatan Kejahatan Nasional (NCRB), kejahatan terhadap perempuan telah meningkat sebesar 7,5% sejak 2010. Jumlah pemerkosaan yang dilaporkan di India, negara berpenduduk lebih dari 1,2 miliar orang, telah meningkat menjadi 33.707 pada 2013 dari 24.923 pada 2012.

Mayoritas korban perkosaan berusia antara 18 tahun hingga 30 tahun. Sekitar satu dari tiga korban berusia di bawah 18 tahun, dan satu dari sepuluh korban perkosaan berusia di bawah 14 tahun. Di India, seorang wanita diperkosa setiap 20 menit sekali.

Selain itu, 93 wanita diperkosa di negara itu setiap hari. Mayoritas pelaku dikenal oleh para korban – 31.807 (94%) akrab dengan terdakwa, termasuk tetangga (10782), orang lain yang dikenal (18171), kerabat (2315) dan orang tua (539). (waktu India).

6. Selandia Baru

Pada 2013, skandal The Roast Busters mengungkap kebenaran tentang pemerkosaan di Selandia Baru. Sekelompok pemuda dari West Auckland, menyebut diri mereka "Roast Busters", yang diduga berusaha memabukkan gadis di bawah umur untuk memperkosa mereka.

Menurut sebuah laporan oleh jurnal medis Inggris The Lancet tingkat serangan seksual di Selandia Baru jauh lebih tinggi dari rata-rata dunia. Itu menempatkan negara itu pada tingkat tertinggi ketiga dengan 16,4% populasi wanitanya, di samping Australia.

Menurut Laporan Publikasi Menteri Kehakiman; Setiap dua jam serangan yang melibatkan kekerasan seksual terjadi di Selandia Baru. Statistik sekarang menunjukkan bahwa 1 dari 3 anak perempuan dan satu dari enam anak laki-laki cenderung mengalami pelecehan seksual sebelum usia 16 tahun.

Serangan seksual meningkat 15% dalam setahun, dan di sekolah jumlahnya menjadi dua kali lipat. Hanya 9 persen pelanggaran seksual yang dilaporkan (didaftarkan oleh polisi) di Selandia Baru. Dari semua kasus yang dilaporkan, hanya 13% yang berakhir dengan hukuman. 91% pemerkosaan tidak dilaporkan, atau korban diintimidasi oleh polisi untuk membatalkan pengaduan.

7. Kanada

10 Negara dengan Tingkat Pemerkosaan Tertinggi, Nomor 9 Warganya Paling Bahagia Sedunia

Foto/Rueters

Di antara semua kejahatan kekerasan yang dilaporkan ke polisi, kekerasan seksual menunjukkan peningkatan pesat dalam jumlah yang dilaporkan di Kanada. Menurut huffingtonpost, ada 460.000 serangan seksual di negara itu setiap tahun. Dikatakan bahwa 33 dari setiap 1.000 kasus kekerasan seksual dilaporkan ke polisi, dan 29 dicatat sebagai kejahatan.

Satu dari 4 wanita Amerika Utara harus menghadapi siksaan pemerkosaan selama hidup mereka. 11% wanita mengalami luka fisik akibat penyiksaan ini. Menurut statistik, hanya 6% insiden yang dilaporkan ke polisi.

Lebih dari 80% korban adalah wanita, insiden maksimum terjadi di rumah dan 80% penyerang adalah teman dan keluarga korban. Fakta yang paling mengganggu adalah bahwa 83% perempuan penyandang disabilitas akan mengalami pelecehan seksual selama hidup mereka. Tentang semua korban kekerasan seksual, 17% adalah anak perempuan dan 15% adalah anak laki-laki di bawah 16 tahun.

8. Australia

Di Australia, tingkat pemerkosaan yang dilaporkan per 100.000 orang relatif tinggi. Sepanjang tahun lalu, diperkirakan 51.200 warga Australia berusia 18 tahun ke atas menjadi korban kekerasan seksual. Hampir sepertiga (30%) korban kekerasan seksual yang kejadian terbarunya dilaporkan ke polisi.

Menurut news.com, 1 dari 6 wanita Australia harus menghadapi penyiksaan pemerkosaan oleh bukan pasangannya, dibandingkan dengan satu dari 14 wanita di seluruh dunia. Dikatakan bahwa wanita Australia berusia di atas 15 tahun menjadi korban pemerkosaan. Australia berada di urutan ketiga dalam penelitian di seluruh dunia dengan 16,4% wanita melaporkan telah diperkosa oleh orang lain selain pasangan.

9. Finlandia

10 Negara dengan Tingkat Pemerkosaan Tertinggi, Nomor 9 Warganya Paling Bahagia Sedunia

Foto/Rueters

Satu dari tiga wanita di Eropa mengalami beberapa bentuk kekerasan fisik atau seksual dan 5% telah diperkosa.

Menurut sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan oleh European Union Agency for Fundamental Rights, sekitar 47% wanita yang disurvei di Finlandia dikatakan mengalami pelecehan fisik dan/atau seksual.

Lebih dari 1 dari 10 perempuan yang diwawancarai menunjukkan bahwa mereka mengalami beberapa bentuk kekerasan seksual oleh orang dewasa sebelum mereka berusia 15 tahun. Satu dari 10 telah mengalami beberapa bentuk kekerasan seksual sejak usia 15 tahun, satu dari 20 telah diperkosa. Dan lebih dari 1 dari 5 pernah mengalami kekerasan fisik dan/atau seksual baik dari pasangan saat ini atau sebelumnya. Hanya 13% wanita yang melaporkan kejadian paling serius mereka ke polisi.

10. Zimbabwe

Zimbabwe berada di posisi ke-9 dengan negara dengan kejahatan pemerkosaan tertinggi di dunia. Setidaknya satu wanita diperkosa setiap 90 menit di Zimbabwe. Menurut statistik terbaru oleh Statistik Nasional Zimbabwe (ZimStat), 500 wanita mengalami pelecehan seksual setiap bulan – sekitar 16 wanita diperkosa setiap hari.

Sebanyak 1.524 kasus dilaporkan selama 3 bulan pertama tahun ini, naik dari 1.285 yang tercatat pada periode yang sama tahun lalu. Dari kasus yang dilaporkan ini, 780 adalah anak-anak (usia 11 hingga 16 tahun) sementara 276 adalah anak-anak berusia antara 5 dan 10 tahun. Namun, ada kekhawatiran bahwa jumlahnya bisa lebih tinggi karena beberapa kasus tidak dilaporkan.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)