Angkatan Laut Rusia Terima 3 Kapal Rudal Kecil Kelas Karakurt Tahun Ini

Senin, 31 Juli 2023 - 23:01 WIB
loading...
Angkatan Laut Rusia Terima 3 Kapal Rudal Kecil Kelas Karakurt Tahun Ini
Kapal rudal kecil proyek 22800 Karakurt berada di galangan kapal Rusia. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Angkatan Laut Rusia akan menerima tiga kapal rudal kecil proyek 22800 Karakurt pada 2023 yang mampu melakukan serangan rudal presisi tinggi.

Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu mengatakan hal itu pada hari Senin (31/7/2023).

Kapal-kapal ini mampu melakukan serangan rudal dengan presisi tinggi terhadap objek-objek kritis di darat dan kapal musuh di laut di zona dekat laut.

“Pada bulan Juli, armada Laut Hitam menerima kapal serial Cyclone. Tiga kapal diharapkan akan ditugaskan ke angkatan laut pada akhir tahun ini. Dua lagi akan ditugaskan pada tahun 2024,” papar Shoigu.

Pada Minggu, Rusia merayakan Hari Angkatan Laut yang ditetapkan pada tahun 2006 untuk memperingati para pahlawan Perang Besar Utara ketika armada Rusia dibentuk.

Parade Angkatan Laut Utama berlangsung di Sungai Neva di St Petersburg. Presiden Rusia dan Panglima Tertinggi Vladimir Putin memberi selamat kepada awak kapal perang dan meninjau upacara dari kapal kepresidenan.

“Hari ini, Rusia melaksanakan tugas-tugas kebijakan maritim berskala besar dengan percaya diri, secara konsisten membangun kekuatan armadanya. Tahun ini saja, 30 kapal dari berbagai jenis akan bergabung,” ungkap Putin dalam pidatonya di parade tersebut.

Secara total, 45 kapal perang dan kapal selam dengan sekitar 3.000 prajurit Armada Utara, Pasifik, Baltik, dan Laut Hitam ikut serta dalam perayaan tersebut.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)