Kibarkan Bendera Rusia, Demonstran Serang Kedubes Prancis di Niger

Senin, 31 Juli 2023 - 06:43 WIB
loading...
Kibarkan Bendera Rusia, Demonstran Serang Kedubes Prancis di Niger
Demonstran di Niger mengibarkan bendera Rusia dan menyerang Kedubes Prancis. Foto/Sky News
A A A
NIAMEY - Ribuan orang yang mendukung kudeta di Niger turun ke jalan-jalan di Ibu Kota Niamey untuk mengecam Prancis , bekas kekuatan kolonial negara itu, mengibarkan bendera Rusia , dan membakar pintu Kedutaan Besar Prancis pada hari Minggu sebelum tentara membubarkan aksi tersebut.

Dilansir dari ABC, Senin (31/7/2023), demonstran di Niger secara terbuka membenci Prancis, dan Rusia dipandang oleh beberapa orang sebagai alternatif yang kuat. Sifat keterlibatan Rusia dalam aksi unjuk rasa, jika ada, tidak jelas tetapi beberapa pengunjuk rasa telah membawa bendera Rusia, bersama dengan tanda bertuliskan "Ganyang Prancis" dan mendukung Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kelompok tentara bayaran Rusia Wagner beroperasi di negara tetangga Mali, dan di bawah Putin Rusia telah memperluas pengaruhnya di Afrika Barat. Para pemimpin junta baru belum mengatakan apakah mereka berniat untuk bersekutu dengan Moskow atau tetap dengan mitra Barat Niger.

Presiden Prancis Emmanuel Macron pada hari Minggu mengatakan bahwa serangan terhadap Prancis dan kepentingannya tidak akan ditoleransi dan siapa pun yang menyerang warga Prancis akan melihat tanggapan segera.



Beberapa demonstran yang ambil bagian dalam reli hari Minggu memperingatkan pihak luar untuk menjauh.

“Saya juga ingin mengatakan kepada Uni Eropa, Uni Afrika dan ECOWAS, tolong, tolong jauhi urusan kami,” kata Oumar Barou Moussa pada demonstrasi tersebut.

“Sudah waktunya bagi kita untuk mengambil hidup kita, bekerja untuk diri kita sendiri. Sudah waktunya bagi kita untuk berbicara tentang kebebasan dan kebebasan kita," imbuhnya.

Niger, sebuah koloni Prancis hingga tahun 1960, dipandang sebagai mitra terakhir Barat yang dapat diandalkan untuk memerangi ekstrimis di wilayah Sahel Afrika. Prancis memiliki 1.500 tentara di negara yang melakukan operasi gabungan dengan Niger. Amerika Serikat dan negara-negara Eropa lainnya telah membantu melatih pasukan negara.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2194 seconds (0.1#10.140)