Mengapa Sanksi Barat Tidak Melemahkan Pengembangan Teknologi Militer Rusia?

Minggu, 30 Juli 2023 - 23:40 WIB
loading...
Mengapa Sanksi Barat...
Industri pertahanan Rusia tetap tangguh meskipun sanksi ekonomi Barat terus digulirkan. Foto/Sputnik
A A A
MOSKOW - Beberapa bulan ke depan akan melihat kapal perang yang lebih canggih diserahkan kepada Angkatan Laut Rusia . Itu sebagai bukti bahwa industri pertahanan Rusia terus mengembangkan berbagai peralatan dan teknologi militernya. Padahal, Rusia masih menghadapi sanksi ekonomi dari Barat.

Kekuatan militer Rusia itu dipamerkan pada parade Hari Angkatan Laut Rusia, yang akan dihadiri oleh Presiden Vladimir Putin, pada 30 Juli 2023. Lebih dari 40 kapal, perahu dan kapal selam, serta 42 pesawat terbang dan lebih dari 3.500 prajurit diharapkan ambil bagian dalam parade, dalam pertunjukan tradisional kekuatan angkatan laut Rusia.

"Kekuatan ini hampir pasti akan ditingkatkan lebih lanjut karena Angkatan Laut Rusia akan menerima lebih banyak kapal perang sebelum akhir tahun ini," kata pakar militer yang berbasis di Moskow, Vasily Dandykin kepada Sputnik.



“Meskipun operasi militer khusus Rusia sedang berlangsung di, puluhan kapal baru yang berbeda akan memasuki layanan di Armada Utara, Pasifik, Laut Hitam dan Baltik Rusia, termasuk kapal rudal kecil Zircon dan fregat Laksamana Golovko," kata Dandykin.

Adapun armada kapal selam negara itu, Dandykinmenambahkan, khususnya akan mendapatkan kapal selam strategis bertenaga nuklir Alexander III generasi keempat, yang dirancang untuk memperkuat pengaruh Angkatan Laut Rusia di Samudra Pasifik.

“Ini sangat penting, karena [kapal selam bertenaga nuklir] adalah bagian dari triad nuklir Rusia,” kata Dandykin. Dia menambahkan bahwa negara tersebut mulai mengembangkan kapal selam generasi keempat “lebih awal dari Amerika.”

Selain itu, kapal yang bergabung dengan Angkatan Laut Rusia akan menjadi kapal selam diesel, kapal penyapu ranjau dan kapal pendarat besar, yang akan dipamerkan pada parade Hari Angkatan Laut mendatang.

Ketika ditanya tentang persenjataan angkatan laut Rusia yang unik – sesuatu yang saat ini tidak dimiliki negara-negara Barat? Dandykin menyebutkan kapal selam bertenaga nuklir kelas Borei generasi keempat yang dilengkapi dengan drone strategis Poseidon.

"Daftar tersebut juga mencakup kapal selam serba guna Yasen M yang dilengkapi dengan rudal hipersonik, korvet rudal kecil kelas Karakurt, dan kapal patroli militer," ujar Dandykin.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)