Biden Beri Sinyal Normalisasi Hubungan Arab Saudi-Israel Bakal Terjadi

Sabtu, 29 Juli 2023 - 11:05 WIB
loading...
Biden Beri Sinyal Normalisasi Hubungan Arab Saudi-Israel Bakal Terjadi
Presiden AS Joe Biden menyebut kemungkinan akan terjadi kesepakatan normalisasi hubungan Arab Saudi dengan Israel. Foto/Ilustrasi
A A A
FREEPORT - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan kesepakatan mungkin sedang berlangsung dengan Arab Saudi . Itu terjadi setelah pembicaraan antara penasihat keamanan nasionalnya dengan pejabat Saudi di Jeddah yang bertujuan untuk mencapai normalisasi hubungan antara Arab Saudi dan Israel.

"Mungkin ada pemulihan hubungan," kata Biden kepada kontributor kampanye pemilu tahun 2024 di sebuah acara di Freeport, Maine, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (29/7/2023).

Meski begitu, Biden tidak memberikan penjelasan lebih lanjut tentang kemungkinan kesepakatan itu.

Pejabat AS telah berusaha selama berbulan-bulan untuk mencapai apa yang akan menjadi kesepakatan bersejarah diantara dua musuh bebuyutan, tetapi Arab Saudi menolak.



Kolumnis New York Times Thomas Friedman, dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada hari Kamis, mengatakan Biden sedang mempertimbangkan apakah akan mengejar pakta keamanan bersama AS-Saudi yang akan melibatkan Arab Saudi untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.

Pejabat Gedung Putih mengatakan penasihat keamanan nasional Jake Sullivan, salah satu pembantu Biden yang paling tepercaya, minggu ini tengah berada di Jeddah dengan utusan Timur Tengah Brett McGurk membahas kemungkinan kesepakatan normalisasi.

Para pejabat AS melihat kemungkinan kesepakatan antara Israel dan Arab Saudi setelah pemerintahan mantan Presiden Donald Trump mencapai kesepakatan serupa antara Israel dan Maroko, Sudan, Bahrain dan Uni Emirat Arab.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)