Mantan Petinggi Mossad Sebut Pemerintahan PM Netanyahu Lebih Buruk daripada Ku Klux Klan

Jum'at, 28 Juli 2023 - 04:50 WIB
loading...
Mantan Petinggi Mossad Sebut Pemerintahan PM Netanyahu Lebih Buruk daripada Ku Klux Klan
Tamir Pardo, mantan pemimpin Mossad, kerap mengkritik pemerintahan PM Benjamin Netanyahu. Foto/Reuters
A A A
TEL AVIV - Mantan kepala badan intelijen Israel Mossad Tamir Pardo menuding pemerintah negaranya berada dalam cengkeraman faksi ekstremis yang "jauh lebih buruk" daripada Ku Klux Klan.

Tamir Pardo mengatakan kepada radio Kan bahwa dia yakin menteri pemerintah Itamar Ben Gvir dan Bezalel Smotrich mewakili "partai rasis yang mengerikan" yang "jauh lebih buruk" daripada kelompok supremasi kulit putih AS.

Pardo, yang menjabat kepala Mossad dari 2011 hingga 2016, mengatakan bahwa dengan mengundang Ben Gvir, Smotrich, dan politisi sayap kanan lainnya untuk bergabung dengan koalisinya, Netanyahu telah mengambil persamaan Israel dari "Ku Klux Klan dan membawanya ke dalam pemerintahan".



"Pemimpin telah kehilangan akal sehatnya. Tidak ada yang terjadi jika perdana menteri tidak memimpin proses ini," kata mantan kepala mata-mata itu, menolak gagasan bahwa Netanyahu dipimpin oleh ekstremis di pemerintahan sebagai "perkotaan" dan legenda".

Komentar tersebut telah menarik perhatian luas di media Yahudi, mencerminkan oposisi yang luas dan berkembang terhadap perdana menteri dan program reformasi peradilan pemerintahnya.

Sambil mengatakan bahwa dia tidak "ingin mendapatkan contoh dari tahun 1930-an", Pardo menunjuk pada komentar Smotrich bahwa kota Huwwara di Palestina harus "dimusnahkan".

Mantan anggota Mossad itu mengatakan bahwa beberapa undang-undang anti-Palestina yang saat ini disahkan di parlemen Israel akan dianggap antisemit jika diberlakukan di negara lain dan menargetkan orang Yahudi.

Minggu ini, parlemen Israel dituduh secara signifikan memperluas undang-undang "rasis" yang akan membuat warga Palestina Israel disaring dari tinggal di hampir setengah dari desa dan kota kecil di negara itu.

Pardo mengatakan bahwa Netanyahu bertanggung jawab atas polarisasi Israel saat ini, menambahkan bahwa perdana menteri memimpin pemerintahan koalisi yang terdiri dari "orang-orang gila ekstrim".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)