Trump ingin Biden Dimakzulkan, Kubu Republik Mendukung

Kamis, 27 Juli 2023 - 17:01 WIB
loading...
A A A
“Ketua membahas apa yang kami ketahui dan apa yang tidak kami ketahui,” ungkap Tom Cole, anggota parlemen dan ketua komite berpengalaman dari Partai Republik Oklahoma.

“Ada banyak hal yang tidak kami ketahui. Kami tidak tahu apakah ada uang yang langsung masuk ke Presiden Biden atau tidak,” ujar Cole, menjelaskan pesan tersebut kepada GOP DPR. "Itulah yang mereka lakukan penyelidikan."

Anggota DPR Marjorie Taylor Greene dari Republik menyatakan McCarthy juga memberi tahu mereka jika menyangkut penyelidikan pemakzulan Biden, dia akan meminta agar "Anda bersamaku dalam hal ini."

Greene, sekutu Trump yang mendukung pemakzulan, mengatakan tidak ada yang berdiri selama pertemuan pribadi untuk menolak.

Dengan memberi tahu Biden bahwa DPR sedang mempertimbangkan penyelidikan, Partai Republik meningkatkan pemeriksaan Kongres yang jarang terjadi pada kekuasaan eksekutif dengan tuduhan pemakzulan formal atas kejahatan tinggi dan pelanggaran ringan. Langkah ini menjadi alat lain yang digunakan dalam politik partai.

Ini adalah eskalasi politik, yang didorong Trump, setelah dua pemakzulan terhadap dirinya sendiri.

Prospek penyelidikan pemakzulan Biden juga muncul ketika Trump menghadapi kasus hukum yang meningkat, termasuk potensi dakwaan federal dalam penyelidikan yang dipimpin Penasihat Khusus Jack Smith atas upayanya membatalkan pemilu menjelang serangan 6 Januari 2021 di US Capitol.

Trump adalah satu-satunya presiden dalam sejarah AS yang telah dua kali dimakzulkan, pertama pada 2019 melalui panggilan teleponnya yang mendesak Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk mengorek informasi mengenai keluarga Biden atau berisiko kehilangan bantuan militer AS, dan sekali lagi pada 2021 setelah peristiwa 6 Januari 2021 saat serangan di Capitol oleh pendukung Trump yang mencoba membatalkan pemilihan Biden.

Sekarang, sebagai kandidat terdepan dari Partai Republik untuk pencalonan melawan Biden pada tahun 2024, Trump telah lama marah atas pemakzulannya di tangan Demokrat DPR.

McCarthy telah menyarankan pemakzulan Trump dapat dihapuskan, seperti yang diusulkan Stefanik dan Greene. Tetapi Trump ingin Biden menghadapi tuduhan pemakzulan serupa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)