Swedia Salahkan Rusia atas Kemarahan Umat Islam soal Pembakaran Al-Qur'an

Kamis, 27 Juli 2023 - 12:44 WIB
loading...
Swedia Salahkan Rusia atas Kemarahan Umat Islam soal Pembakaran Al-Quran
Swedia salahkan Rusia atas kemarahan umat Islam terkait pembakaran Al-Quran oleh demonstran di Stockholm. Foto/REUTERS
A A A
STOCKHOLM - Swedia menyalahkan Rusia atas reaksi kemarahan umat Islam di seluruh dunia terkait dengan aksi pembakaran Al-Qur'an oleh demonstran di Stockholm.

Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson menuduh Moskow menggunakan "kampanye disinformasi" untuk menodai citra Stockholm di luar negeri terkait pembakaran kitab suci umat Islam.

Kristersson, melalui Facebook pada Rabu, mengatakan bahwa "negara dan aktor mirip negara" menargetkan Swedia dengan informasi yang salah.

“Di antaranya, kita melihat aktor Rusia aktif menyebarkan klaim palsu bahwa Swedia sebagai negara berada di balik penodaan berbagai kitab suci. Itu, tentu saja, sepenuhnya salah,” tulis PM Kristersson, menambahkan bahwa pembakaran Al-Qur’an terjadi di tengah “situasi keamanan yang rumit".



Kristersson menjelaskan bahwa pemerintah Swedia tidak mengeluarkan izin untuk membakar salinan Al-Qur'an di depan umum.

“Namun, polisi mengeluarkan izin untuk pertemuan publik—hak yang diabadikan dalam konstitusi Swedia,” lanjut dia, yang dilansir Reuters, Kamis (27/7/2023).

"Bagaimana hak itu dijalankan tergantung pada apa yang diputuskan individu untuk dirinya sendiri," paparnya.

Polisi Stockholm menyetujui dua protes di luar Kedutaan Irak di Swedia dalam beberapa pekan terakhir, membiarkan para demonstran untuk membakar dan menghancurkan salinan Al-Qur'an.

Aksi tersebut memicu reaksi dunia Islam. Irak, contongnya, mengusir duta besar Swedia dan menarik kembali utusannya dari Stockholm sebagai pembalasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1022 seconds (0.1#10.140)