Perbandingan Kekuatan Militer Mesir Vs Ethiopia, Siapa Lebih Unggul?

Kamis, 27 Juli 2023 - 04:41 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer Mesir Vs Ethiopia, Siapa Lebih Unggul?
Perbandingan kekuatan militer Mesir dengan Ethiopia. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Hubungan antara Mesir dengan Ethiopia diliputi ketegangan. Seorang pakar militer bahkan memprediksi kedua negara kemungkinan besar akan berperang di masa depan .

Mesir dan Ethiopia terlibat sengketa teritorial terkait proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Grand Ethiopian Renaissance Dam (GERD) di Sungai Nil. Proyek ini telah menimbulkan ketegangan antara kedua negara karena keprihatinan Mesir tentang pengaruhnya pada pasokan air mereka dari Sungai Nil.

Sebagaimana diketahui, semenjak zaman Mesir kuno hingga modern, Negeri Piramida itu selalu mengandalkan air Sungai Nil untuk bertahan hidup. Karena itu, tidak mengherankan jika mereka mempertimbangkan perang melawan negara yang mengancam pasokan air mereka.

Lalu bagaimana perbandingan kekuatan militer Mesir dengan Ethiopia? Berikut perbandingannya yang disitir dari berbagai sumber

Perbandingan Militer Mesir dengan Ethiopia

1. Anggaran Militer


Mesir memiliki angaran militer yang jauh lebih besar daripada Ethiopia. Sebagai salah satu negara Arab terbesar, Mesir telah mengalokasikan sejumlah besar dana untuk keperluan militer termasuk pembelian senjata modern dan peralatan militer.

Dilansir dari situs global fire power, Mesir menganggarkan dana USD4.375.200.000 atau sekitar Rp65.667.595.560.000 untuk keperluan militernya.

Sebaliknya, Ethiopia memiliki anggaran militer yang lebih kecil karena banyak faktor ekonomi dan politik yang memengaruhinya.

Ethiopia menganggarkan dana sebesar USD538.000.000 atau sekitar Rp8.074.868.900.000.

2. Personel Militer


Mesir memiliki angkatan bersenjata yang relatif besar dan merupakan salah satu angkatan bersenjata terbesar di Afrika. Mereka memiliki angkatan darat yang cukup besar, angkatan udara dengan pesawat tempur yang canggih, dan angkatan laut yang dapat mempertahankan akses ke Laut Tengah dan Laut Merah.

Mesir total memiliki personel militer aktif sebanyak 440 ribu dengan personel cadangan mencapai 480 ribu dan anggota paramiliter 300 ribu.

Ethiopia juga memiliki angkatan bersenjata yang berukuran besar, tetapi jumlahnya umumnya lebih kecil daripada angkatan bersenjata Mesir. Tercatat, Ethiopia memiliki 150 ribu personel aktif.

3. Peralatan Militer


Mesir memiliki akses ke peralatan militer modern dari berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Eropa, dan Rusia. Mereka memiliki pesawat tempur F-16, helikopter serang Apache, dan sistem pertahanan udara canggih.

Menurut situs global fire power, Mesir memiliki 1.069 pesawat tempur yang terdiri dari 245 pesawat tempur, 59 untuk tranportasi, 325 helikopter dam 92 helikopter tempur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)