Kapal Angkut 3.000 Mobil Terbakar di Lepas Pantai Belanda, Satu Awak Tewas

Rabu, 26 Juli 2023 - 22:53 WIB
loading...
A A A
"Orang-orang di kapal harus turun dengan cepat ... Kami memancing mereka keluar dari air," imbuhnya.

Sebuah helikopter mengangkut orang-orang yang tersisa dari 23 awak dari kapal yang terbakar. Mereka yang terluka dirawat karena masalah pernapasan, luka bakar, dan patah tulang, kata otoritas Belanda setempat.

Juru bicara penjaga pantai Edwin Granneman mengatakan para ahli penyelamat sedang mencoba mencari langkah selanjutnya untuk kapal yang terbakar itu.

Shoei Kisen, perusahaan penyewaan kapal Jepang yang mengelola Fremantle, mengatakan sedang bekerja sama dengan pihak berwenang Belanda untuk memadamkan api.

Penjaga pantai Belanda mengatakan di situs webnya bahwa penyebab kebakaran tidak diketahui, tetapi seorang juru bicara penjaga pantai sebelumnya mengatakan kepada Reuters bahwa kebakaran itu dimulai di dekat sebuah mobil listrik. Sekitar 25 dari 2.857 kendaraan di kapal itu menggunakan listrik.

Organisasi Maritim Internasional, yang menetapkan peraturan untuk keselamatan di laut, berencana mengevaluasi langkah-langkah baru untuk kapal yang mengangkut kendaraan listrik tahun depan mengingat meningkatnya jumlah kebakaran di kapal kargo, kata seorang juru bicara.



"Mobil listrik terbakar sama seperti mobil mesin pembakaran. Ketika baterai terlalu panas dan terjadi apa yang disebut 'thermal runaway', maka itu menjadi berbahaya," kata Uwe-Peter Schieder, ahli kelautan dan perwakilan Asosiasi Asuransi Jerman.

"Reaksi kimia dalam baterai menghasilkan gas yang membuat baterai mengembang," jelasnya.

Aturan baru yang sedang dipertimbangkan dapat memakan waktu bertahun-tahun untuk diterapkan, tetapi mungkin mencakup spesifikasi jenis alat pemadam air yang tersedia di kapal dan batasan jumlah baterai yang dapat diisi, yang memengaruhi sifat mudah terbakar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)