Menlu Retno: RI-AS Akan Kerjasama Cegah Pandemi di Masa Depan

Selasa, 28 Juli 2020 - 19:37 WIB
loading...
Menlu Retno: RI-AS Akan Kerjasama Cegah Pandemi di Masa Depan
Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menuturkan, Indonesia dan Amerika Serikat (AS) akan meningkatkan kerjasama, khususnya dalam bidang kesehatan. Foto/Kemlu RI
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menuturkan, Indonesia dan Amerika Serikat (AS) akan meningkatkan kerjasama, khususnya dalam bidang kesehatan. Dia mengatakan, Indonesia dan AS akan bekerjasama untuk mencegah kembali terjadinya pandemi di masa depan.

Berbicara saat penyerahan secara simbolis 100 ventilator dari AS, Retno mengatakan penyerahan ventilator adalah bukti dari kerjasama kedua negara dan dia berharap kedua negara akan terus memperkuat kerjasama tersebut.

( Baca Juga: Covid-19
"Dalam hal ini, kedua negara akan bekerja keras untuk meningkatkan kerjasama dalam berbagai aspek seperti, penyediaan pasokan medis, serta kerjasama ekonomi dan investasi pasca-pandemi, termasuk dalam industri farmasi," sambungnya.

Terkait dengan ventilator, penyerahan 100 ventilator ini adalah batch pertama dari total 1.000 ventilator yang akan dikirim ke Indonesia oleh AS. Pengiriman selanjutnya dijadwalkan akann dimulai Agustus mendatang.

Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia, Heather Variava AS akan terus memberikan dukungan kepada Indonesia, melalui United States Agency for International Development atau USAID.

( Baca juga: Angka Sembuh Covid-19 di 4 Provinsi Ini di Atas 88% )

"Dukungan ini menyelamatkan nyawa dengan melengkapi petugas kesehatan Indonesia dengan alat yang mereka butuhkan; meningkatkan laboratorium, pengawasan penyakit, dan kapasitas respons cepat Indonesia mempercepat deteksi dan pelacakan kasus dan meningkatkan komunikasi risiko untuk memastikan bahwa lebih banyak orang Indonesia tahu bagaimana melindungi diri mereka sendiri dan satu sama lain," ujarnya.

"AS terus membantu orang-orang di seluruh dunia melalui upaya All-of-America. Donasi ventilator ini mencerminkan komitmen jangka panjang kami untuk bermitra dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk menyelamatkan nyawa dan bekerja menuju pembukaan kembali perekonomian Indonesia yang aman," sambungnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0902 seconds (0.1#10.140)