5 Fakta Menarik BRICS, Kelompok Ekonomi Dunia Penantang Dominasi Barat

Senin, 24 Juli 2023 - 17:01 WIB
loading...
5 Fakta Menarik BRICS, Kelompok Ekonomi Dunia Penantang Dominasi Barat
Para pemimpin negara anggota BRICS pada KTT BRICS ke-11, 11 November 2019 di Brasilia, Brasil. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - BRICS merupakan kelompok ekonomi yang berisikan negara-negara non-Barat. Sesuai masing-masing huruf dari kata ‘BRICS’, anggotanya adalah Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan (South Africa).

Pada perkembangannya, BRICS mulai dianggap sebagai tandingan ekonomi negara-negara Barat. Terbaru, mereka dijadwalkan untuk segera menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pada 22-24 Agustus 2023 mendatang.

Untuk mengenalnya lebih jauh, berikut sejumlah fakta terkait BRICS yang menarik untuk diketahui. Simak ulasannya!

Fakta Menarik BRICS

1. Asal-usul BRICS


Pada awal pendiriannya tahun 2001, kelompok ekonomi ini bernama BRIC. Saat itu, anggotanya baru empat negara, yakni Brasil, Rusia, India, dan China.

Mengutip laman Investopedia, nama dari kelompok itu diciptakan seorang ekonom Goldman Sachs bernama Jim O’Neill. Pada awal pembentukannya, mereka memiliki misi untuk mendominasi kekuatan ekonomi global pada 2050.

Keempat negara anggota BRIC mengadakan KTT pertama pada 2009 di Yekaterinburg, Rusia. Setahun berselang, Afrika Selatan resmi bergabung dan menandai perubahan nama kelompok ini menjadi ‘BRICS’.

2. Dihuni Negara Penguasa Pasar Dunia


Saat ini, BRICS memiliki lima anggota utama. Dari sekian nama, beberapa di antaranya adalah negara besar yang terbilang sebagai penguasa pasar dunia seperti China hingga India.

Buktinya, hal ini mungkin bisa dilihat dengan berbagai barang produksi negara-negara tersebut yang banyak tersebar ke penjuru dunia.

Terlepas dari sistem ekonomi dan politik yang berbeda, tak bisa dipungkiri kontribusi ekonomi mereka telah membantu banyak orang di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)