Ukraina Serang Wilayah Rusia dengan Bom Cluster

Minggu, 23 Juli 2023 - 17:19 WIB
loading...
Ukraina Serang Wilayah Rusia dengan Bom Cluster
Ukraina menggunakan bom cluster untuk menyerang wilayah Belgorod di Rusia. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Gubernur Provinsi Belgorod Rusia Vyacheslav Gladkov mengatakan bahwa Ukraina menembakkan bom cluster atau munisi tandan ke sebuah desa dekat perbatasan Ukraina pada Jumat (21/7/2023). Namun, tetapi tidak ada korban atau kerusakan.

Serangan itu membuktikan Ukraina mengingkari janji kepada Amerika Serikat (AS) bahwa tidak akan menggunakan bantuan militer untuk menyerang wilayah Rusia.

Gubernur Gladkov membuat pernyataan pada hari Sabtu saat pengarahan harian di saluran Telegramnya, tanpa memberikan bukti visual. Tidak ada komentar segera dari pihak berwenang Ukraina.



“Di distrik Belgorod, 21 peluru artileri dan tiga munisi tandan dari sistem roket peluncuran ganda ditembakkan ke desa Zhuravlevka,” kata Gubernur Vyacheslav Gladkov, dilansir Al Jazeera.

Ukraina menerima bom cluster dari Amerika Serikat bulan ini, tetapi telah berjanji untuk menggunakannya hanya untuk mengusir konsentrasi tentara musuh.

Bom cluster itu berisi lusinan bom kecil yang menghujani pecahan peluru di area yang luas. Tetapi dilarang di banyak negara karena potensi bahaya yang ditimbulkannya bagi warga sipil. Ukraina telah berulang kali mengatakan penggunaannya akan terbatas pada medan perang.

Wilayah Belgorod, yang berbatasan dengan Ukraina, telah berulang kali menjadi sasaran apa yang dikatakan Rusia sebagai penembakan membabi buta oleh angkatan bersenjata Ukraina.

Pada bulan Mei dan Juni, wilayah itu diguncang kekerasan setelah pejuang dari kelompok bersenjata pro-Ukraina melintasi perbatasan dan mulai berperang melawan pasukan keamanan Rusia.

Ukraina tidak mengklaim bertanggung jawab atas serangan di dalam wilayah Rusia dan membantah terlibat dalam serangan lintas batas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)