Haruskah Indonesia Makin Waspada? AS Tempatkan USS Canberra di Australia

Sabtu, 22 Juli 2023 - 17:28 WIB
loading...
A A A
Satu-satunya saat kapal AS memiliki nama kota asing adalah pendahulunya, kapal penjelajah berat USS Canberra, diluncurkan pada tahun 1943 selama kepresidenan masa perang Franklin D Roosevelt. Roosevelt membuat perintah itu untuk menghormati hilangnya HMAS Canberra dan kematian lebih dari 80 pelaut setelah tenggelam selama pertempuran di Pulau Savo saat menyaring invasi Amerika di Guadalcanal.

Komandan USS Canberra William Ashley mengucapkan terima kasih kepada para perusahaan galangan kapal yang katanya telah memberikan "kapal besar" kepada angkatan laut. "Dia menangani seperti mimpi dan memenuhi setiap misi yang dimaksudkan untuknya,” katanya dilansir Guardian.

Ashley mengatakan penamaan USS Canberra semakin memperkuat ikatan antara Australia dan AS saat dia juga memuji krunya. “Para kru yang baru saja Anda lihat menghidupkan kapal ini adalah salah satu yang terbaik yang pernah saya layani selama 30 tahun di angkatan laut,” katanya.

"Mereka saling menjaga, mereka mencintai kapal ini dan mereka mencurahkan darah mereka, dan terkadang air mata, ke dalamnya."

Menteri Pertahanan Australia, Richard Marles, mengatakan sebagai bagian dari hubungan berkelanjutan antara angkatan laut kedua negara, seorang perwira Australia akan selamanya menjadi bagian dari awak USS Canberra.

Marles mengatakan aliansi Australia dengan AS menjadi pusat keamanan nasionalnya. “Hanya ada satu aliansi. [Itu] telah, dan akan terus menjadi, mendasar dan mencengangkan,” katanya.

Setelah menghabiskan satu bulan di laut dalam perjalanan ke Australia dari pangkalannya di San Diego, USS Canberra sekarang akan menjadi tuan rumah upacara pembukaan Latihan Talisman Sabre, kegiatan pelatihan militer antara Australia, AS dan mitra regional termasuk Jepang, Indonesia, Prancis, dan Inggris.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)