Peluang Turki Bergabung Uni Eropa Makin Sulit

Sabtu, 22 Juli 2023 - 16:30 WIB
loading...
Peluang Turki Bergabung Uni Eropa Makin Sulit
Turki memiliki banyak hambatan dalam bergabung dengan blok Uni Eropa. Foto/Reuters
A A A
ANKARA - Turki sudah memiliki asa dan cita yang sejak lama untuk bergabung dengan Uni Eropa (UE). Namun, harapan itu sepertinya makin sulit di tengah perbedaan yang menonjol antara Ankara dan UE.

"Turki tidak mungkin bergabung dengan Uni Eropa dalam waktu dekat," Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock, dilansir RT. Proses aksesi negara tetap “beku” karena apa yang disebut Baerbock sebagai masalah hak asasi manusia.

"Ambisi Ankara untuk menjadi anggota UE adalah jauh di dalam freezer," kata Baerbock di sela-sela pertemuan para menteri luar negeri UE di Brussels . “Itu karena [kriteria] penting yang penting untuk pembicaraan ini… belum dipenuhi [oleh Turki].”



Supremasi hukum dan hak asasi manusia adalah salah satu masalah yang mencegah Ankara maju menuju aksesi UE, jelasnya, menggambarkan momen ketika Turki akan siap untuk maju sebagai “prospek yang jauh.”

Baerbock mengatakan Turki adalah "bukan tetangga yang mudah" dari UE, tetapi mengakui bahwa itu adalah "aktor global yang penting secara strategis" di "lingkungan langsung" Eropa, yang memerlukan pendekatan khusus dalam hubungan. Periode setelah terpilihnya kembali Erdogan sebagai presiden pada bulan Mei adalah saat yang tepat untuk “refleksi strategis” tentang masalah ini, kata menteri tersebut.

Berlin menganjurkan pemulihan hubungan dengan Ankara, kata Baerbock, menambahkan bahwa hubungan baru antara UE dan Turki harus didasarkan pada "pendekatan strategis dan berwawasan ke depan." Pada saat yang sama, dia mengatakan Eropa “tidak naif” dan tidak akan ada hadiah yang diberikan secara bebas di “masa yang menantang secara geopolitik” ini.



Awal bulan ini, Erdogan mengangkat masalah tawaran keanggotaan UE saat dia setuju untuk memberikan lampu hijau untuk aplikasi NATO Swedia setelah menentangnya selama lebih dari setahun. Ankara telah menggunakan hak vetonya, menuntut agar Stockholm berbuat lebih banyak untuk menindak apa yang disebutnya sebagai “organisasi teroris” pro-Kurdi yang berlindung di Swedia.

Presiden Turki berargumen bahwa negaranya telah menunggu sekitar setengah abad di pintu UE, menambahkan bahwa sebagian besar anggota NATO juga anggota UE. Dia meminta Brussel untuk membuka jalan bagi Turki, menambahkan bahwa Ankara kemudian akan membuka jalan bagi Swedia untuk bergabung dengan blok militer pimpinan AS.

Juru bicara Komisi Eropa Peter Stano kemudian mengatakan kepada outlet media Izvestiya Rusia bahwa aksesi Turki ke UE kemungkinan akan memakan waktu “bertahun-tahun” dan tidak mungkin bergabung dengan blok tersebut tahun depan. Dia juga menunjukkan fakta bahwa Ankara pertama-tama harus memenuhi “semua kriteria yang diperlukan, termasuk hak asasi manusia dan kebebasan politik.”

Rusia memperingatkan Turki untuk tidak mengharapkan aksesi yang cepat. “Tidak ada yang ingin melihat Turki di Eropa. Saya mengacu pada orang Eropa,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov awal bulan ini.

Turki melamar keanggotaan UE pada tahun 1987 dan diakui sebagai negara kandidat 12 tahun kemudian. Pembicaraan aksesi yang berlangsung pada tahun 2005 telah dibekukan secara efektif sejak tahun 2016.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2080 seconds (0.1#10.140)