Bos Mata-mata Inggris: Putin Dipermalukan dengan Keretakan Elite Rusia

Jum'at, 21 Juli 2023 - 04:56 WIB
loading...
Bos Mata-mata Inggris: Putin Dipermalukan dengan Keretakan Elite Rusia
Presiden Vladimir Putin dinilai telah dipermalukan dengan pemberontakan tentara bayaran Wagner Group yang mengungkap keretakan di dalam elite Rusia. Foto/REUTERS
A A A
PRAHA - Kepala Badan Intelijen Rahasia Inggris atau MI6, Richard Moore, mengatakan pemberontakan oleh kepala Wagner Group Yevgeny Prigozhin bulan lalu mengungkap keretakan yang dalam elite Rusia.

Menurutnya kesepakatan untuk mengakhiri pemberontakan itu memalukan bagi Presiden Rusia Vladimir Putin.

Berbicara di acara Politico yang diselenggarakanbersama Kedutaan Besar Inggris di Praha, Moore mengatakan Putin sekarang di bawah tekanan di dalam negeri setelah pemberontakan menunjukkan sesuatu yang sangat busuk di negara itu.



Bos MI6 curiga banyak orang Rusia diam-diam terkejut. “Dia jelas berada di bawah tekanan,” kata Moore tentang Putin.

“Anda tidak memiliki sekelompok tentara bayaran yang maju melalui jalan menuju Rostov dan mencapai jarak 125 kilometer dari Moskow kecuali Anda tidak memprediksi hal itu akan terjadi," lanjut Moore yang dilansir Kamis (20/7/2023).

Prigozhin memimpin pemberontakan singkat bulan lalu setelah berbulan-bulan mengkritik kepemimpinan militer Rusia dan taktik perang di Ukraina.

Dia juga secara terbuka menantang premis invasi Putin di Ukraina.

Dia memimpin pasukannya menuju Moskow, tetapi kemudian setuju untuk mundur setelah kesepakatan dibuat baginya untuk pergi ke Belarusia dan tuntutan terhadapnya dibatalkan.

“Menurut saya tidak perlu semua sumber daya MI6 untuk menyimpulkan bahwa ada keretakan yang dalam di dalam elite Rusia di sekitar Putin. Jika Anda memiliki pasukan penyerang yang datang ke arah Anda, itu menunjukkan telah terjadi perselisihan," kata Moore.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)