Geger Tentara AS Kabur Lintasi Perbatasan, Korut Pilih Bungkam

Kamis, 20 Juli 2023 - 19:52 WIB
loading...
Geger Tentara AS Kabur Lintasi Perbatasan, Korut Pilih Bungkam
Tentara AS, Travis King (yang dilingkari merah), berada di rombongan tur ke desa perbatasan Panmujom. Foto/Insider
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) tetap bungkam terkait seorang tentara Amerika Serikat (AS) yang memisahkan diri dari rombongan wisata dan berlari melintasi perbatasan yang dijaga ketat pada Selasa lalu. Insiden ini membuat Washington dalam kesulitan diplomatik baru di tengah kebuntuan militer yang sudah diliputi ketegangan.

Para pejabat AS mengatakan Pyongyang belum menanggapi komunikasi dari militer Amerika tentang prajurit itu, Travis T King. Media pemerintah Korut, yang sebelumnya melaporkan penahanan warga negara AS, sejauh ini juga belum mengomentari insiden tersebut.

Berbicara di Jepang, utusan khusus AS untuk Korut Sung Kim mengatakan AS bekerja sangat keras untuk menentukan status dan keselamatan King serta secara aktif terlibat dalam memastikan keselamatan dan kepulangannya. Namun Kim tidak memberikan rincian apapun.

Sebelumnya, juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller mengatakan dalam pengarahan bahwa Pentagon telah "menjangkau" rekan-rekannya di Tentara Rakyat Korut tentang King.

"Setahu saya, komunikasi itu belum dijawab," tambahnya seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (20/7/2023).

Insiden itu terjadi pada saat ketegangan meningkat di semenanjung Korea. Korut terus melakukan uji coba rudal balistik, terakhir bertepatan dengan kedatangan kapal selam rudal balistik bersenjata nuklir AS di Korea Selatan untuk pertama kalinya sejak 1980-an.

Pekan lalu, Korut meluncurkan rudal balistik antarbenua berbahan bakar padat terbarunya yang dikatakan memiliki waktu terbang terpanjang yang pernah ada, sebuah uji coba yang oleh para ahli digambarkan sebagai keberhasilan yang "luar biasa".

King (23) sedang dalam tur sipil ke desa gencatan senjata Panmunjom pada hari Selasa ketika dia tiba-tiba melintasi Garis Demarkasi Militer yang telah memisahkan kedua Korea sejak Perang Korea berakhir pada tahun 1953 dengan gencatan senjata.



King telah didenda karena penyerangan saat ditempatkan di Korsel, dan menjalani penahanan sebelum dia diantar ke bandara pada hari Senin untuk naik penerbangan American Airlines ke Dallas, Texas, menurut laporan media dan seorang pejabat bandara.

Setelah melewati pemeriksaan keamanan dan di gerbang keberangkatan, dia mengatakan kepada staf maskapai penerbangan bahwa dia telah kehilangan bandaranya dan kembali ke terminal, kata petugas bandara kepada Reuters tanpa menyebut nama karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Pada hari Selasa, King bersama sekelompok sekitar 40 orang melakukan tur sehari penuh di Area Keamanan Bersama (JSA) yang dioperasikan oleh perusahaan Korea Selatan HanaTour ITC.

Dalam sebuah adegan yang kacau, King berlari di antara bangunan biru ikonik yang mengangkangi perbatasan dan melewati garis, kata seorang saksi yang berada di tur yang sama.

"Seseorang berlari mendekati saya dengan sangat cepat dan saya berpikir, 'Apa yang terjadi?'," kata Sarah Leslie dari Selandia Baru kepada Reuters.

"Saya rasa tidak ada orang waras yang ingin pergi ke Korea Utara, jadi saya menganggap itu semacam aksi," imbuhnya.

Pemerintah AS tampaknya membuat sedikit kemajuan dalam mengetahui nasib tentara tersebut.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Miller mengatakan Swedia telah terlibat karena bertindak sebagai saluran diplomatik untuk Washington yang secara teknis masih berperang dengan Korut.

"Kami masih berusaha mengumpulkan informasi di sini tentang keberadaan Prajurit King," katanya.



"Pemerintah telah dan akan terus bekerja secara aktif untuk memastikan keselamatannya dan memulangkannya ke keluarganya," ia menambahkan.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa Amerika Serikat telah melakukan beberapa upaya untuk menghubungi Korut melalui Swedia tetapi tidak ada tanggapan.

"Mereka tidak menjawab," kata pejabat itu.

Juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan dalam pengarahan bahwa pemerintahan Biden masih mengumpulkan fakta.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan sedang berkomunikasi dengan Komando Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengawasi JSA, tetapi tidak berkomentar lebih lanjut.

Korut sebelumnya telah menahan orang Amerika yang memasuki negara itu dan mengadili mereka tetapi akhirnya membebaskan mereka, seringkali setelah intervensi diplomatik tingkat tinggi. Tetapi insiden yang melibatkan prajurit AS jarang terjadi.

Dalam kasus yang tidak dapat dijelaskan, seorang mahasiswa Amerika Otto Warmbier ditahan selama lebih dari satu tahun dan dikembalikan ke Amerika Serikat dalam keadaan koma dan meninggal beberapa hari kemudian.

Seorang mantan diplomat Korut yang membelot ke Korsel mengatakan King dapat digunakan sebagai alat propaganda, tetapi tidak jelas berapa lama Korut ingin mengeksploitasi kehadirannya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)