Terungkap, Tentara AS Berlari Sambil Tertawa Saat Menyeberang ke Korut

Rabu, 19 Juli 2023 - 20:28 WIB
loading...
Terungkap, Tentara AS Berlari Sambil Tertawa Saat Menyeberang ke Korut
Tentara AS menyeberang ke Korea Utara dengan berlari sambil tertawa. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Tentara Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) yang dilaporkan menyeberang ke Korea Utara (Korut) dilaporkan berlari sambil tertawa saat melintasi zona demiliterisasi yang dijaga ketat. Prajurit AS itu diyakini kini telah ditahan oleh otoritas negara komunis itu.

Prajurit yang diidentifikasi sebagai Prajurit Dua (Prada) Travis King melintasi perbatasan yang dijaga ketat itu saat tur orientasi Area Keamanan Bersama (JSA) pada Selasa kemarin.

"Pria ini mengeluarkan 'ha ha ha' dengan keras, dan hanya berlari di antara beberapa bangunan," kata seorang saksi yang merupakan bagian dari kelompok tur yang sama dengan tentara tersebut kepada CBS News seperti dikutip dari Insider, Rabu (19/7/2023).

Saksi itu mengatakan personil militer dengan cepat merespons tindakan pria tersebut.

"Awalnya saya pikir itu adalah lelucon yang buruk, tetapi ketika dia tidak kembali, saya menyadari itu bukan lelucon, dan kemudian semua orang bereaksi dan semuanya menjadi gila," tutur saksi tersebut.

Menurut laporan, King juga bermasalah dengan militer.



Pejabat AS mengatakan kepada CBS News bahwa tentara itu diterbangkan kembali ke AS dari Korea Selatan (Korsel) karena alasan disipliner. Tidak jelas alasan disipliner yang dimaksud.

"Tentara itu dikawal ke bandara, tetapi tidak ikut dalam penerbangannya dan malah bergabung dalam tur perbatasan sipil sebelum menyeberang ke Korea Utara," kata para pejabat kepada CBS News.

Dua pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa prajurit itu akan menjalani tindakan disipliner oleh militer AS sebelum dia menyeberang ke Korut, di mana dia berisiko dieksploitasi untuk propaganda resmi atau disiksa untuk membuatnya membocorkan rahasia yang mungkin dia ketahui.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)