Taiwan: Ratusan Rudal Hawk Akan Dihancurkan, Tidak Dikirim ke Ukraina

Kamis, 20 Juli 2023 - 00:44 WIB
loading...
Taiwan: Ratusan Rudal Hawk Akan Dihancurkan, Tidak Dikirim ke Ukraina
Taiwan tegaskan ratusan rudal Hawk yang pensiun akan dihancurkan, tidak dikirim ke Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Taiwan menepis laporan bahwa ratusan rudal Hawk yang pensiun akan dikirim ke Ukraina untuk perang melawan Rusia. Mereka menegaskan misil-misil itu akan dihancurkan.

Itu disampaikan Menteri Pertahanan Chiu Kuo-cheng pada hari Selasa. Chiu membantah laporan bahwa pensiunan ratusan rudal Hawk Taiwan akan dijual kembali ke militer Amerika Serikat (AS) untuk membantu Ukraina.

“Kami sama sekali tidak berencana untuk menjual atau mentransfer senjata yang tidak terpakai ke unit atau negara mana pun. Lagi pula, materi militer ini sangat sensitif, dan kami tidak akan membuat keputusan seperti itu," kata Chiu, seperti dikutip dari Taiwan News, Rabu (19/7/2023).



Sebuah laporan media lokal mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya pada hari Jumat (14/7/2023), yang mengatakan bahwa AS akan membeli kembali rudal Hawk yang sebelumnya dijual ke Taiwan dan memberikannya ke Ukraina sebagai bagian dari paket bantuan militer.

Dalam pengumumannya, Chiu mengatakan Taiwan ingin membeli National Advanced Surface-to-Air Missile System (NASAMS) dari AS.

Alasannya, Taiwan telah melihat kinerja NASAMS di Ukraina.

Masih belum ada pemberitahuan resmi yang mengonfirmasi pembelian senjata tersebut. Chiu mengatakan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengamankan kesepakatan tersebut.

Dikembangkan bersama oleh AS dan Norwegia, NASAMS adalah sistem pertahanan udara jarak pendek hingga menengah berbasis darat yang bertahan dari serangan drone, rudal, dan pesawat terbang.

AS mengeklaim senjata tersebut memiliki tingkat keberhasilan 100% dalam mencegat rudal Rusia di Ukraina.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)