5 Fakta tentang Profil Ketua DPR Singapura yang Selingkuh

Selasa, 18 Juli 2023 - 22:33 WIB
loading...
5 Fakta tentang Profil Ketua DPR Singapura yang Selingkuh
Tan Chuan-Jin merupakan politikus Singapura yang bersinar dan disebut sebagai calon PM SIngapura mendatang. Foto/CNA
A A A
SINGAPURA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Singapura Tan Chuan-Jin mengundurkan diri dari parlemen dan Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa setelah perselingkuhannya dengan sesama anggota parlemen PAP, Cheng Li Hui, terbongkar ke publik.

Seminggu sebelumnya, Tan telah terlibat dalam kontroversi ketika klip video dia mengeluarkan sumpah serapah di parlemen beredar online.

Berikut adalah 5 fakta tentang profil ketua DPR Singapura yang berselingkuh.

1. Mantan Tentara

5 Fakta tentang Profil Ketua DPR Singapura yang Selingkuh

Foto/CNA

Mantan brigadir jenderal telah terjun ke dunia politik sejak 2011 ketika dia pensiun dari Angkatan Bersenjata Singapura setelah mengabdi selama 24 tahun.

CNA melihat karier politik pria berusia 54 tahun itu selama bertahun-tahun, mulai dari menjadi bintang baru dalam kepemimpinan generasi keempat PAP hingga menarik perhatian masyarakat atas komentar yang dia buat tentang kolektor kardus.

Tan adalah bagian dari tim beranggotakan lima orang bersama Menteri Senior saat itu Goh Chok Tong yang memperebutkan Marine Parade GRC dalam Pemilihan Umum 2011 dan memenangkan 56,65% suara.

Ketika dia memasuki politik, dia dengan cepat naik melalui jajaran PAP dan Kabinet.

Dalam waktu enam bulan setelah pemilu 2011, dia adalah salah satu dari tiga wajah baru bersama Chan Chun Sing dan Heng Swee Keat untuk diangkat ke komite eksekutif pusat partai – badan pembuat keputusan tertinggi.


2. Karier Politik yang Terus Melesat

5 Fakta tentang Profil Ketua DPR Singapura yang Selingkuh

Foto/CNA

Tan juga ditunjuk sebagai Menteri Negara di dua kementerian – Tenaga Kerja dan Pembangunan Nasional – setelah pemilu 2011.

Pada tahun 2012, ia ditunjuk sebagai Penjabat Menteri Tenaga Kerja sebelum menjadi Menteri penuh pada tahun 2014. Pada April 2015, ia diangkat menjadi Menteri Sosial dan Pembangunan Keluarga sebagai bagian dari perombakan kabinet.

Selama pemilu 2015 yang diadakan pada bulan September, tim Marine Parade GRC-nya menang sekali lagi dengan 64,07% suara. Tim juga mengumpulkan 57,74% suara selama GE 2020.

3. Skandal Kolektor Kardus Bekas

Pada bulan Juli 2015, Tan mendapat kecaman ketika dia menyiratkan bahwa beberapa orang lanjut usia yang mengumpulkan kardus bekas melakukannya sebagai "bentuk olahraga dan aktivitas".

Dia telah menulis posting Facebook tentang apa yang dikatakan beberapa anggota tim Youth Corps Singapore ketika dia menemani mereka mengunjungi kolektor kardus di jalan

“Persepsi normal bahwa semua pengumpul kardus adalah orang yang tidak mampu mengurus diri sendiri secara finansial tidaklah benar. Akan ada beberapa yang melakukan ini sebagai sumber pendapatan utama mereka,” tulis Tan.

“Beberapa melakukannya untuk melengkapi apa yang mereka miliki. Beberapa lebih suka mendapatkan uang tambahan, memperlakukannya sebagai bentuk latihan dan aktivitas daripada terkurung di rumah. Mereka melakukan ini untuk tetap mandiri, sehingga mereka dapat memiliki harga diri dan tidak harus meminta bantuan keluarga mereka.”

Dia kemudian menghadapi serangan balik di media sosial, dengan beberapa mengecamnya karena delusi dan tidak berhubungan dengan orang-orang di lapangan.

Tan kemudian mengatakan bahwa pesan utama yang ingin dia sampaikan adalah bahwa orang tidak boleh menggeneralisasi hal-hal yang mereka lihat, dan harus selalu berbicara kepada orang-orang yang terlibat.

4. Diangkat sebagai Ketua DPR

Pada 2017, Tan dinominasikan oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong untuk menjadi Ketua Parlemen ke-10.

Analis politik mengungkapkan keterkejutannya atas langkah tersebut, mengingat bahwa ia diperkirakan akan menjadi anggota inti kepemimpinan PAP generasi keempat, atau 4G.

Seorang pengamat mengatakan bahwa tidak biasa seorang menteri Kabinet di masa jayanya diangkat menjadi ketua DPR, sementara banyak online menyebutnya sebagai "penurunan pangkat".

Lee menulis di Facebook pada saat itu bahwa itu adalah "keputusan yang sangat sulit" untuk mencalonkan Tan sebagai Ketua, karena "berarti kehilangan seorang aktivis yang efektif" di Kementerian Sosial dan Pembangunan Keluarga.

Setelah menerima nominasi, Tan menulis di Facebook: “Semoga Tuhan terus memberi saya kebijaksanaan, keberanian, dan cinta dalam semua yang saya lakukan. Betapapun tidak memadainya saya, saya harap saya dapat bertarung dengan baik, menyelesaikan balapan dan menjaga keyakinan.”

Ia kembali dinominasikan sebagai Ketua DPR pada tahun 2020.

5. Berambisi Jadi PM Singapura

Tahun lalu, dia muncul di podcast berita Plan B di mana dia ditanya mengapa dia tidak mencalonkan diri untuk menjadi Perdana Menteri Singapura berikutnya.

Pada saat itu, tiga menteri Kabinet diperkirakan sebagai kandidat potensial – Chan Chun Sing, Lawrence Wong dan Ong Ye Kung. Tak lama kemudian, Mr Wong diangkat sebagai pemimpin tim 4G, kemudian dipromosikan menjadi Wakil Perdana Menteri.

Tan memberi tahu pembawa acara podcast bahwa dia tidak berada di kabinet, mengingat dia adalah Ketua DPR. Ini secara efektif mengesampingkan dia dari pertarungan PM.

Pada 11 Juli, Tan meminta maaf karena menggunakan "bahasa yang tidak sesuai dengan parlemen" selama sidang parlemen. Dia tertangkap di mikrofon panas mengatakan "f****** populis" pelan-pelan pada 17 April, menyusul pidato anggota parlemen dari Partai Buruh Jamus Lim.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)