Ukraina dan Polandia: Tentara Bayaran Wagner Ada di Belarusia

Minggu, 16 Juli 2023 - 11:49 WIB
loading...
Ukraina dan Polandia: Tentara Bayaran Wagner Ada di Belarusia
Tentara bayaran dari Wagner Group melatih tentara Belarusia. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Ukraina dan Polandia sama-sama mengonfirmasi bahwa tentara bayaran Wagner Group telah tiba di Belarusia dari Rusia.

Konfirmasi mereka muncul pada Sabtu atau sehari setelah Minsk mengumumkan kelompok tentara bayaran yang memberontak di Rusia itu sedang melatih tentara Belarusia.

“Wagner ada di Belarusia,” kata Andriy Demchenko, juru bicara badan perbatasan Ukraina, dalam pernyataan yang di-posting di Telegram, yang dilansir Reuters, Minggu (16/7/2023).

Dia menambahkan bahwa pergerakan "kelompok terpisah” dari Rusia telah diamati di Belarusia.



Beberapa tentara bayaran Wagner telah berada di Belarusia setidaknya sejak Selasa. Demikian diungkap dua sumber yang dekat dengan pasukan tersebut kepada Reuters.

Kementerian Pertahanan Belarusia merilis sebuah video pada hari Jumat, menunjukkan apa yang dikatakannya sebagai pasukan Wagner yang menginstruksikan tentara Belarusia di jarak militer dekat kota Osipovichi.

Kepindahan Wagner ke Belarusia adalah bagian dari kesepakatan yang mengakhiri upaya pemberontakan kelompok itu pada Juni setelah mengambil alih markas militer Rusia dan berbaris di Moskow. Presiden Rusia Vladimir Putin saat itu mengatakan pemberontakan Wagner bisa membawa Rusia ke dalam perang saudara.

Pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin belum terlihat di depan umum sejak dia meninggalkan kota Rostov-on-Don di Rusia selatan pada 24 Juni.

Wakil Menteri Koordinator Layanan Khusus Polandia Stanislaw Zaryn mengatakan bahwa Warsawa juga memiliki konfirmasi kehadiran pasukan Wagner di Belarusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)