Iran Beli 50 Jet Tempur Su-35 dan Sudah Bayar, tapi Belum Satu Pun Dikirim Rusia

Minggu, 16 Juli 2023 - 08:34 WIB
loading...
Iran Beli 50 Jet Tempur Su-35 dan Sudah Bayar, tapi Belum Satu Pun Dikirim Rusia
Iran membeli 50 jet tempur Su-35 dan sudah membayar, namun belu satu pun dikirim oleh Rusia. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran telah membayar pembelian 50 unit jet tempur Su-35 kepada Rusia hampir setahun lalu. Namun belum ada satu pun pesawat tempur yang kirim ke Teheran.

Masalah ini diungkap jurnalis Saeed Azimi dalam laporannya untuk pusat analisis Bourse and Bazaar Foundation pada 13 Juli.

Dalam tulisan Azimi, dia menyebutkan bahwa petinggi militer Iran, Brigadir Jenderal Hamid Vahedi, mengonfirmasi penyelesaian semua pembayaran untuk pesawat tempur Su-35 Rusia.

Jet-jet tempur Su-35 tersebut diharapkan menjadi milik Teheran tahun ini, namun pemerintah sekarang tidak yakin apakah mereka akan segera tiba.



Azimi melaporkan bahwa Iran mengharapkan pesawat itu dikirim tiga minggu lalu.

Namun, Vahedi menegaskan pengiriman belum terjadi sama sekali. Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa petinggi Iran telah mengakui nihilnya pengiriman sambil terus menunggu pesawat yang dibutuhkan, belum pasti kapan akan diintegrasikan ke dalam armadanya.

Menurut laporan Azimi, Angkatan Udara Iran sebagian besar terdiri dari pesawat-pesawat kuno Amerika Serikat (AS) yang telah jauh melampaui umur operasionalnya. Oleh karena itu, Teheran terpaksa membeli 50 pesawat tempur Su-35 dari sekutunya; Rusia.

Rusia berhasil tidak hanya mengamankan pembayaran di muka untuk puluhan pesawat Su-35 tetapi juga menegosiasikan kesepakatan untuk drone kamikaze Shahed buatan Iran.

Teheran mulai memasok UAV pada akhir 2022. Hampir setahun telah berlalu sejak pengaturan ini dibuat, namun Teheran belum menerima jet Su-35.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)