Masa Depan AS Bisa Hancur! Gaji Pengedar Narkoba Lebih Tinggi Dibandingkan Programmer di Google

Sabtu, 15 Juli 2023 - 14:24 WIB
loading...
Masa Depan AS Bisa Hancur! Gaji Pengedar Narkoba Lebih Tinggi Dibandingkan Programmer di Google
Pendapatan pengedar narkoba di AS lebih besar dibandingkan programmer senior di Google. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Masa depan Amerika Serikat (AS) terancam suram dan tumbang. Kenapa? Banyak anak muda yang menjadi pengedar narkoba bisa mendapatkan uang USD350.000 atau Rp5,2 miliar per tahun. Padahal, programmer senior di Google saja hanya USD210.000 atau Rp3,1 miliar.

Itu dilaporkan San Francisco Chronicle yang mengungkap bandar narkoba tingkat rendah berjuang untuk memenuhi kebutuhan, pengedar lain yang lebih sukses dapat menghasilkan hingga USD350.000 setahun. Itu merupakan hasil investigasi selama 18 bulan terhadap perdagangan narkoba di Bay Area, San Francisco, AS.



Sebagai perbandingan, tenaga ahli perangkat lunak senior Google yang berbasis di San Francisco, pusat teknologi dunia, menghasilkan sekitar USD211.000 sebagai gaji pokok mereka, tidak termasuk opsi saham dan bonus, menurut data dari Glassdoor dan Levels.fyi, database gaji teknologi.

Uang tersebut telah menjadi kartu panggil yang menarik meskipun berbahaya bagi beberapa migran Honduras yang berharap untuk keluar dari kemiskinan dan kekerasan di kampung halaman mereka. Menurut Chronicle, migran Honduras — kebanyakan dari Lembah Siria, sebelah utara ibu kota Honduras, Tegucigalpa — mendominasi perdagangan obat bius terbuka yang lazim di lingkungan Tenderloin dan South of Market.

Kebanyakan orang Honudura yang datang ke Bay Area atau AS mendapatkan pekerjaan legal. Sebuah studi yang menganalisis data penangkapan dari Departemen Keamanan Publik Texas menemukan bahwa imigran tidak berdokumen pada umumnya memiliki tingkat kejahatan yang lebih rendah daripada warga negara kelahiran asli dan imigran legal ketika melihat pelanggaran kejahatan.

Beberapa pengedar Honduras yang diwawancarai oleh Chronicle mengatakan bahwa mereka melakukan pekerjaan legal sebelum beralih ke perdagangan narkoba, sementara yang lain datang ke Bay Area khusus untuk menjual narkoba. Sebagian besar dealer yang diwawancarai oleh surat kabar mengatakan bahwa kurangnya dokumen dan pendidikan menghalangi mereka untuk mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi di AS.



Dan meskipun para migran, yang melakukan pekerjaan resmi atau tidak, mengirim uang kembali ke keluarga mereka adalah hal yang biasa, uang yang dihasilkan dari perdagangan narkoba telah memungkinkan ledakan real estat di desa-desa Lembah Siria, tempat rumah dan rumah baru bermunculan.

"Tidak ada pilihan lain bagi mereka untuk membuat rumah dengan cara itu jika bukan untuk menjual narkoba di Amerika Serikat," kata warga Lembah Siria, Ofelia Raudales Carela, kepada Chronicle.

San Francisco telah berjuang dengan obat-obatan terlarang di lingkungannya selama beberapa dekade. Kota ini sebelumnya telah mencoba menggunakan lebih banyak kepolisian dan penangkapan, tetapi pendekatan tersebut tidak efektif.

Sekarang, pejabat kota dan negara bagian berjanji lagi untuk menindak pasar obat terbuka yang menjangkiti lingkungan dengan meningkatkan penegakan hukum dan menyediakan pilihan pengobatan.

Wali Kota San Francisco London Breed mengumumkan departemen kepolisian setempat telah "menangkap dua kali lipat karena perdagangan narkoba" di dua lingkungan dalam dua minggu terakhir. "Lebih dari 9,5 kilogram fentanil disita pada periode itu," katanya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)