5 Fakta Miss Belanda Berstatus Waria, Keturunan Maluku yang Jadi Korban Ujaran Kebencian

Jum'at, 14 Juli 2023 - 04:18 WIB
loading...
5 Fakta Miss Belanda Berstatus Waria, Keturunan Maluku yang Jadi Korban Ujaran Kebencian
Rikkie Valerie Kolle mengeluh jadi korban ujaran kebencian. Foto/Reuters
A A A
AMSTERDAM - Meskipun hidup di negara yang sudah maju dan liberal, bukan berarti semua warga menerima dengan mudah para waria. Itu dialami Rikkie Valerie Kolle, wanita transgender pertama yang dinobatkan sebagai Miss Belanda , pernah melihat kesuksesannya di kontes tersebut sebagai simbol keterbukaan bangsanya.

Berikut adalah 5 fakta Rikkie Valerie Kolle, wanita transgender pertama yang dinobatkan sebagai Miss Belanda.

1. Korban Ujian Kebencian di Dunia Virtual

5 Fakta Miss Belanda Berstatus Waria, Keturunan Maluku yang Jadi Korban Ujaran Kebencian

Foto/Reuters

Kolle, 22, mengatakan dia menjadi sasaran ujaran kebencian setelah memenangkan kompetisi berusia 94 tahun itu pekan lalu. Sekarang, dia akan berpartisipasi dalam kontes Miss Universe. Jika dia menang, dia akan menjadi wanita transgender pertama yang mengklaim gelar itu.

Kolle mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia mencoba untuk berkonsentrasi pada komentar yang baik, daripada komentar yang menyakitkan di media sosial.

"Saya pikir kami benar-benar menerima... di Belanda, tetapi komentar kebencian menunjukkan sisi lain dari masyarakat kami. Saya harap itu menjadi peringatan," katanya kepada Reuters.

"Untuk saat ini, saya sepenuhnya mengabaikannya. Saya fokus pada hal-hal baik yang akan datang."

Komentar negatif itu tidak beralasan, lanjutnya, menambahkan orang-orang menghinanya karena menjadi dirinya sendiri.

"Saya hanya ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Rikkie dan tentu saja kisah trans saya, dan dikritik karena itu sungguh menyedihkan."


2. Keturunan Maluku

5 Fakta Miss Belanda Berstatus Waria, Keturunan Maluku yang Jadi Korban Ujaran Kebencian

Foto/Reuters

Melansir pinkvilla, Rikki Valerie Kollé lahir di Breda, Belanda selatan. Model berusia 22 tahun itu adalah keturunan Belanda-Maluku.

Dia merayakan kemenangannya dengan tulisan Instagram-nya, "Saya berhasil! Ini tidak nyata tetapi saya dapat menyebut diri saya Miss Belanda 2023. Itu adalah proses yang mendidik dan luar biasa, tahun saya tidak dapat lagi dibatalkan."

3. Ingin Menjadi Teladan

5 Fakta Miss Belanda Berstatus Waria, Keturunan Maluku yang Jadi Korban Ujaran Kebencian

Foto/Reuters

Rikkie Valerie Kollé ingin menjadi panutan.

Dalam profil entri Kollé, dia menulis, "Saya tahu lebih baik daripada siapa pun bagaimana rasanya sendirian dan tidak hanya dikelilingi oleh pikiran positif. Ketika saya masih kecil dan keluar sebagai transgender, tidak mudah bagi semua orang dan saya juga menderita. dari itu."

Dia melanjutkan, "Saya ingin menjadi suara dan panutan bagi wanita muda dan orang-orang aneh. Melalui komitmen dan kekuatan saya, saya berharap dapat membawa perubahan dalam masyarakat."


Rikkie Valerie Kollé adalah perempuan trans ke-2 yang berkompetisi dalam kontes kecantikan

Memenangkan gelar Miss Belanda, Kollé jelas menjadi contoh bagi komunitas queer di seluruh dunia. Dia menjadi transgender kedua yang pernah berpartisipasi dalam kontes kecantikan. Model Spanyol Angela Ponce adalah orang pertama dari komunitas trans yang bersaing dan memenangkan Miss Universe Spanyol.

4. Jadi Waria pada Usia 16 Tahun

5 Fakta Miss Belanda Berstatus Waria, Keturunan Maluku yang Jadi Korban Ujaran Kebencian

Foto/Reuters

"Saya pikir saya dilahirkan di tubuh yang salah," pernyataan Kollé ini mencerminkan bahwa dia tahu sejak awal bahwa dia adalah seorang wanita. Dia mengubah namanya dari Rik menjadi Rikkie pada usia 11 tahun dan mulai bertransisi pada usia 16 tahun.

"Saya terlahir sebagai Rik kecil, tetapi saya ingin menjadi Rikkie yang besar. Transisi dari pria menjadi wanita menjadi sesuatu yang membuat saya merasa betah, dan juga wanita transgender."

:Sekarang bertahun-tahun kemudian saya lebih kuat hari ini daripada sebelumnya, itu adalah sesuatu yang ingin saya sampaikan kepada siapa pun yang membutuhkannya. Karena selama kamu selalu tetap menjadi dirimu apa adanya, tidak ada orang yang bisa berdiri di atasmu," katatnya dilansir Daily Mail.

"Saya sangat senang untuk berkomitmen pada semua Rik kecil yang menghadapi penolakan dari keluarga mereka, transisi mereka ke orang yang mereka inginkan. Bantu membuat citra diri dan penerimaan mereka lebih kuat, tidak tersentuh. Melalui komitmen dan kekuatan saya, saya berharap dapat membawa perubahan dalam masyarakat."

5. Bangga Menjadi Waria yang Akan Ikut Miss Universe

Rikkie Valerie Kollé akan berpartisipasi di Miss Universe.

Dengan memenangkan gelar Miss Belanda, Rikki Valerie Kolle mendapatkan tiket ke Miss Universe yang sangat didambakan yang berlangsung di El Salvadore akhir tahun ini. Dia hanya akan menjadi transgender kedua yang bersaing dalam kontes berusia 63 tahun itu.

Apa yang dialmi Kolle saat ini tidak lepas dari pengaruh bintang transgender dan pengusaha Thailand Anne Jakkapong Jakrajutatip.

Jakrajutatip berjanji 'tidak hanya melanjutkan warisannya dalam menyediakan platform bagi individu yang penuh semangat dari berbagai latar belakang, budaya, dan tradisi, tetapi juga mengembangkan merek untuk generasi berikutnya'.

'Ini tidak nyata tapi saya bisa menyebut diri saya @missnederland 2023. Itu adalah proses yang mendidik dan luar biasa, tahun saya tidak bisa salah lagi. Saya sangat bangga dan bahagia saya tidak bisa menggambarkannya dengan. Saya membuat komunitas saya bangga dan menunjukkan bahwa itu bisa dilakukan."
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)