Inggris Tanggapi Permintaan Senjata Ukraina: Kami Bukan Amazon!

Kamis, 13 Juli 2023 - 22:01 WIB
loading...
Inggris Tanggapi Permintaan Senjata Ukraina: Kami Bukan Amazon!
Menteri Pertahanan (Menhan) Inggris Ben Wallace. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Ukraina harus menggunakan nada yang tidak terlalu menuntut ketika berbicara dengan negara-negara yang mempersenjatainya untuk berperang melawan Rusia.

Saran itu diungkapkan Menteri Pertahanan (Menhan) Inggris Ben Wallace. "Kami bukan Amazon," tegas dia.

Pernyataan tersebut, yang dikutip media Inggris, disampaikan dalam acara di sela-sela KTT NATO di Lituania pada Rabu (12/7/2023).

Wallace, yang biasanya merupakan pendukung vokal Kiev, mengatakan akan membantu perjuangan Ukraina jika mereka menunjukkan rasa terima kasih.

“Terkadang Anda meminta negara untuk menyerahkan saham mereka sendiri,” ujar Wallace. “Terkadang Anda harus membujuk anggota parlemen di (Capitol) Hill di Amerika. Anda harus meyakinkan politisi yang meragukan di negara lain bahwa itu sepadan.”

Pejabat Inggris mengatakan dia mendengar keluhan dari rekan-rekan AS bahwa Ukraina memperlakukan negara mereka seperti toko Amazon, bahkan saat mereka telah memberikan bantuan militer senilai miliaran dolar.



Wallace menegaskan bahwa ini "benar". Dia mengaku secara pribadi telah mengalami perlakuan semacam ini oleh pejabat Ukraina.

Dia ingat mengemudi selama 11 jam untuk bertemu dengan delegasi Ukraina pada Juni lalu hanya "untuk diberi daftar" permintaan.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan membuat pernyataan publik yang serupa di Lituania, dengan menyatakan, “Rakyat Amerika memang pantas mendapatkan ucapan terima kasih dari pemerintah AS atas kesediaan mereka untuk maju (dan membantu Ukraina) dan juga dari seluruh dunia.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)