Presiden Abbas Sebut Jenin sebagai Ikon Perjuangan Palestina

Kamis, 13 Juli 2023 - 00:25 WIB
loading...
Presiden Abbas Sebut Jenin sebagai Ikon Perjuangan Palestina
Presiden Palestina Mahmoud Abbas berkunjung ke Jenin. Foto/Reuters
A A A
TEPI BARAT - Presiden Palestina Mahmoud Abbas memuji kamp Jenin sebagai "ikon perjuangan" selama perjalanan pertamanya ke daerah itu dalam lebih dari satu dekade. Itu di tengah kelompok-kelompok pejuang Palestina bersenjata mendapatkan dukungan rakyat dibandingkan Otoritas Palestina.

Abbas, 87, juga berjanji untuk membangun kembali kamp pengungsi Jenin. Janji itu diungkap seminggu setelah serangan mematikan Israel menghancurkan sebagian besar kamp di Tepi Barat yang diduduki.

Presiden Abbas Sebut Jenin sebagai Ikon Perjuangan Palestina

Foto/Reuters

Serangan dua hari Israel minggu lalu—operasi terbesar dalam beberapa tahun, yang melibatkan ratusan tentara, serangan pesawat tak berawak dan buldoser lapis baja—menewaskan 12 warga Palestina dan satu tentara Israel.



Israel memandang daerah perkotaan yang padat penduduk, kubu kelompok pejuang Palestina termasuk Jihad Islam dan Hamas, sebagai "pusat terorisme" dan telah sering melancarkan serangan bersenjata di sana sejak awal tahun lalu.

Ketidakpuasan rakyat terhadap Otoritasr Palestina, yang bekerja sama dengan Israel dalam keamanan, telah membara di Jenin, dan massa pekan lalu mencemooh beberapa pejabat tinggi partai Fatah Abbas yang berkunjung, termasuk wakil ketua Mahmoud Aloul.

Pada hari Rabu (12/7/2023) , Abbas menyatakan tekadnya untuk mendukung rekonstruksi dan keamanan Jenin, menggambarkan kamp tersebut sebagai "ikon ketabahan dan perjuangan" dalam pidato singkat kepada para pendukung yang bersorak sorai.

“Kami datang untuk mengatakan bahwa kami adalah satu otoritas, satu negara, satu hukum,” kata Abbas, dilansir Arab News. Dia memperingatkan siapa pun yang “merusak persatuan dan keamanan rakyat Palestina.



Dia bersumpah untuk mengawasi pembangunan kembali kamp dan kota yang lebih luas untuk mengembalikannya "seperti semula, atau bahkan lebih baik".

Saat dia mengakhiri kunjungannya, Abbas meletakkan karangan bunga di kuburan orang-orang Palestina yang kehilangan nyawa dalam serangan Israel baru-baru ini.

Presiden Abbas Sebut Jenin sebagai Ikon Perjuangan Palestina

Foto/Reuters

Sejumlah negara Arab telah mengumumkan bantuan untuk kamp tersebut setelah serangan pekan lalu.

Menjelang kedatangan Abbas, ratusan tentara dari pengawal presiden berpatroli di jalan-jalan kamp, dan penembak jitu ditempatkan di atas atap.

Kunjungannya "merupakan pesan yang kuat dan penting... bahwa dia mendukung rakyat Palestina dalam perlawanan mereka terhadap pendudukan," kata Atta Abu Rumaila, sekretaris jenderal Fatah di kamp tersebut.

Israel telah menduduki Tepi Barat sejak Perang Enam Hari 1967 dan pasukannya secara teratur melancarkan serangan ke kota-kota Palestina.

Abbas melakukan perjalanan dengan helikopter dari Ramallah, pusat Otoritas Palestina, untuk kunjungan yang berlangsung hampir satu jam itu.

Presiden Palestina didampingi oleh calon penggantinya, termasuk perdana menteri Palestina Mohammed Shtayyeh dan Hussein Al-Sheikh, sekretaris jenderal Organisasi Pembebasan Palestina.

Abbas menggunakan pidatonya untuk mengeluarkan ancaman terselubung pada kelompok bersenjata yang “merusak” keamanan Palestina.

“Akan ada satu otoritas dan satu pasukan keamanan. Siapa pun yang berusaha merusak persatuan dan keamanannya akan menghadapi konsekuensinya... Setiap tangan yang ingin menyakiti rakyat dan stabilitasnya akan dipotong,” katanya.

Sebelum kedatangan Abbas, sekelompok anak meneriakkan "Katiba, Katiba, Katiba" di kamp untuk mendukung kelompok bersenjata lokal Brigade Jenin.

Alaa Washahi, 27, berbicara setelah kepergian Abbas, membela kelompok pejuang Palestina di kamp tersebut.

“Brigade Jenin adalah kebanggaan dan kehormatan kami… kehadiran mereka adalah bagian dari keberadaan kami,” kata penghuni kamp tersebut.

“Sebenarnya kami menderita karena kelalaian pejabat (Palestina). Inilah yang harus dilihat oleh presiden dengan matanya sendiri.”

Kamp Jenin didirikan pada tahun 1953 untuk menampung sebagian dari 760.000 orang Palestina yang melarikan diri atau diusir dari rumah mereka pada tahun 1948 ketika Israel didirikan, sebuah peristiwa yang oleh orang Palestina disebut sebagai “Nakba” atau “malapetaka.”

Seiring waktu, tenda asli kamp telah diganti dengan bangunan beton, dan sekarang menyerupai lingkungan perkotaan.

Kamp tersebut, yang menampung sekitar 18.000 orang, juga merupakan sarang aktivitas selama “intifada” kedua atau pemberontakan di awal tahun 2000-an.

Selama 18 bulan terakhir, situasi keamanan di kamp telah memburuk dengan penggerebekan Israel berulang kali, dan Otoritas Palestina hanya memiliki sedikit kehadiran nyata di sana.

Abbas terakhir mengunjungi Jenin pada tahun 2012 tetapi tidak melakukan tur kamp pada saat itu.

Sementara Otoritas Palestina tetap ada di kota itu, sebagian besar telah meninggalkan kamp untuk kelompok-kelompok seperti Brigade Jenin, yang menurut Israel didukung oleh Iran.

Abbas sebelumnya mengunjungi kamp itu sendiri pada 2004 saat mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Palestina setelah kematian pemimpin Yasser Arafat.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)