Duta Besar Rusia: AS Mengaku Melakukan Kejahatan Perang

Senin, 10 Juli 2023 - 15:47 WIB
loading...
Duta Besar Rusia: AS Mengaku Melakukan Kejahatan Perang
Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat Anatoly Antonov. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Duta Besar Rusia untuk Washington Anatoly Antonov memperingatkan Amerika Serikat (AS) tidak peduli tentang menyebabkan lebih banyak kematian dan kehancuran jauh dari perbatasannya.

Pernyataan Antonov muncul setelah juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengakui beberapa warga sipil "kemungkinan akan terluka" oleh bom cluster yang dipasok AS.

“Kami telah mencatat pernyataan Direktur Komunikasi Strategis NSC John Kirby tentang penyediaan amunisi tandan ke Ukraina. Pejabat de facto mengakui Amerika Serikat melakukan kejahatan perang selama konflik Ukraina,” tegas Antonov pada Minggu (9/7/2023), dilansir RT.

Sebelumnya pada Minggu, Kirby menyatakan dalam wawancara dengan ABC bahwa dia yakin, “Kita semua setuju lebih banyak warga sipil yang telah dan akan terus dibunuh oleh pasukan Rusia… daripada kemungkinan akan terluka oleh penggunaan amunisi tandan ini.”

Menurut Antonov, “Logika bengkok ini bermuara pada, itu tidak akan menjadi lebih buruk."

“Dia secara terang-terangan menyatakan warga sipil akan menjadi korban senjata tipe cluster AS. Menurut pandangan sesat dari perwakilan Gedung Putih, ini tidak lebih berbahaya daripada tindakan Rusia,” tegas Duta Besar Rusia itu.



Keputusan memasok Ukraina dengan amunisi tandan terlarang diumumkan AS pekan lalu dan telah memicu kekhawatiran bahkan di antara sekutu Amerika, apalagi kelompok dan organisasi hak asasi manusia internasional.

Kanada, Inggris, Austria, dan Spanyol semuanya telah menyatakan keberatan mereka terhadap AS yang mengirim senjata terlarang itu ke Ukraina.

Mereka beralasan, rekam jejak senjata itu diketahui merugikan orang yang tidak bersalah bahkan setelah perang usai.

Para pejabat di Washington mencoba mempertahankan pasokan bom mematikan sebagai tindakan sementara yang diperlukan karena militer Ukraina dengan cepat kehabisan peluru artileri konvensional, dan Pentagon tidak dapat memasok lebih banyak saat ini.

Gedung Putih dan Pentagon sama-sama bersikeras Kiev telah berjanji meminimalkan risiko bagi warga sipil, sementara militer AS berjanji memilih amunisi dengan hati-hati dengan tingkat 'tak berguna' terendah.

Namun, Wakil Menteri Pertahanan untuk Kebijakan AS Colin Kahl mengatakan bagian yang tenang dengan lantang, bersikeras dia “sama prihatinnya dengan keadaan kemanusiaan seperti siapa pun, tetapi hal terburuk bagi warga sipil di Ukraina adalah Rusia memenangkan perang. Jadi, penting agar mereka tidak melakukannya.”
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)