Al-Quran Dibakar, Otoritas Houthi Larang Impor Barang Swedia

Minggu, 09 Juli 2023 - 15:11 WIB
loading...
Al-Quran Dibakar, Otoritas Houthi Larang Impor Barang Swedia
Al-Quran dibakar, otoritas Houthi larang impor barang dari Swedia. Foto/Al Arabiya
A A A
SANAA - Kelompok pemberontak Houthi , yang menguasai bagian utara Yaman, telah melarang impor barang dari Swedia. Itu dilakukan sebagai protes atas pembakaran al-Quran di Stockholm.

“Yaman adalah negara Islam pertama yang melarang impor barang Swedia setelah pelanggaran dan penodaan umat Islam yang paling suci,” bunyi laporan stasiun TV yang dikelola Houth, al Masirah, mengutip pernyataan menteri perdagangan Houthi seperti disitir dari Al Arabiya, Minggu (9/7/2023).

Menteri itu menggambarkan impor Swedia sebagai "terbatas" tetapi mengatakan keputusan itu memiliki nilai simbolis dan larangan itu adalah yang paling bisa dilakukan Houthi. Dia juga meminta sesama negara Islam untuk mengikutinya.



Sebelumnya, seorang pria merobek dan membakar al-Quran di luar masjid pusat Stockholm akhir bulan lalu, pada hari pertama Iduladha.

Tindakan tersebut memicu protes di negara-negara Islam, beberapa di antaranya memanggil utusan Swedia untuk menyuarakan kecaman mereka.

Swedia mengatakan tidak bisa melarang demonstrasi karena aturan kebebasan berbicara. Menteri Kehakiman Gunnar Strommer mengatakan pekan lalu bahwa pemerintah Swedia sedang memeriksa apakah mereka dapat membuat pembakaran al-Quran atau kitab suci lainnya menjadi ilegal, karena pembakaran al-Quran telah merusak keamanan Swedia.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)