Gara-gara Biaya, Proyek Kapal Perang Siluman Rusia Dibatalkan

Minggu, 09 Juli 2023 - 11:48 WIB
loading...
Gara-gara Biaya, Proyek Kapal Perang Siluman Rusia Dibatalkan
Gara-gara biaya, proyek kapal perang siluman Rusia dibatalkan. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rencana Rusia untuk membangun serangkaian kapal perang siluman buat Angkatan Lautnya dilaporkan telah dibatalkan karena biaya.

Proyek 20386 ditujukan untuk membangun setidaknya 10 korvet berdasarkan kelas kapal Steregushchiy dan Gremyashchiy, tetapi lebih besar dan dengan desain siluman.

Kapal utama kelas ini diletakkan pada Oktober 2016. Konstruksi di Severnaya Verf (Galangan Kapal Utara) St Petersburg diharapkan selesai agar dapat beroperasi pada tahun 2020.

Setelah penundaan yang signifikan, galangan kapal menerima superstruktur satu kapal yang diberi nama Derzky pada Juli 2021.



Namun, pada hari Jumat, sumber kementerian pertahanan Rusia mengatakan kepada kantor berita milik negara TASS bahwa Derzkiy akan tetap menjadi satu-satunya korvet dari proyek di kelasnya dan tidak ada pembuatan lebih lanjut dari kapal lain yang akan dilanjutkan.

Sumber itu mengatakan kepada agensi bahwa "perkiraan biaya" dari rencana untuk beberapa kapal tidak akan memungkinkan korvet diproduksi dalam jumlah yang sama dengan proyek lainnya.

“Peletakan korvet Proyek 20386 lebih lanjut dalam bentuk mereka saat ini tidak direncanakan. Program untuk konstruksi mereka akan ditutup,” kata sumber itu seperti dikutip dari Newsweek, Minggu (9/7/2023).

Namun, TASS melaporkan bahwa galangan kapal dan Pabrik Pembuatan Kapal Amur akan melanjutkan proyek lainnya.

Naval News melaporkan proyek tersebut bertujuan untuk membangun kapal perang modern dan serbaguna yang dapat melibatkan target permukaan dengan peluru kendali, mendeteksi kapal selam dengan torpedo dan melakukan misi patroli dan pengawasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)