Cegat Drone AS, Jet Rusia Jatuhkan Suar dan Nyalakan Mesin Jet

Kamis, 06 Juli 2023 - 20:11 WIB
loading...
Cegat Drone AS, Jet Rusia Jatuhkan Suar dan Nyalakan Mesin Jet
Cegat drone AS, Jet tempur Rusua jatuhkan suar dan nyalakan mesin jet. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Tiga jet tempur Rusia mencegat tiga drone Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) di Suriah timur laut pada Rabu pagi waktu setempat. Hal itu diungkapkan komandan senior yang bertanggung jawab atas operasi Angkatan Udara AS di Timur Tengah.

Letnan Jenderal Angkatan Udara AS Alex Grynkewich menggambarkan manuver Rusia terhadap drone MQ-9 Reaper – yang menurut para pejabat memantau target ISIS di Suriah – tidak aman dan tidak profesional.

Komando Pusat AS merilis video insiden tersebut, yang menunjukkan jet Rusia melepaskan suar parasut di depan drone, seolah-olah untuk menghalangi pandangan mereka.

“Terhadap norma dan protokol yang ditetapkan, jet Rusia menjatuhkan beberapa suar parasut di depan drone, memaksa pesawat kami untuk melakukan manuver mengelak,” kata Grynkewich.



“Selain itu, seorang pilot Rusia memposisikan pesawat mereka di depan MQ-9 dan menggunakan afterburner, sehingga mengurangi kemampuan operator untuk mengoperasikan pesawat dengan aman,” imbuhnya seperti dikutip dari CNN, Kamis (6/7/2023).

Baik AS dan Rusia beroperasi di Suriah; AS sebagai bagian dari koalisi anti-ISIS, dan Rusia mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Pencegatan itu terjadi hampir empat bulan setelah jet tempur Rusia memaksa jatuh drone MQ-9 di atas Laut Hitam setelah merusak baling-balingnya.

Drone tersebut dan dua jet tempur Su-27 Rusia terbang di atas perairan internasional di atas Laut Hitam pada bulan Maret ketika salah satu jet Rusia dengan sengaja terbang di depan dan menumpahkan bahan bakar ke drone tak berawak itu beberapa kali, Komando Eropa AS mengatakan dalam sebuah pernyataan saat itu.

Pesawat tersebut kemudian menabrak baling-baling drone tersebut, mendorong pasukan AS untuk menjatuhkan drone MQ-9 di perairan internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)