Presiden Belarusia: Bos Wagner Kembali ke Rusia

Kamis, 06 Juli 2023 - 16:45 WIB
loading...
Presiden Belarusia: Bos Wagner Kembali ke Rusia
Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, mengatakan bahwa kepala tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin telah kembali ke Rusia. Foto/Daily Beast
A A A
MINSK - Presiden Belarusia , Alexander Lukashenko , mengatakan bahwa kepala tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin telah kembali ke Rusia. Lukashenko adalah sosok yang menengahi kesepakatan untuk mengakhiri pemberontakan bersenjata Wagner pada bulan lalu.

“Adapun Prigozhin, dia ada di St Petersburg. Dia tidak berada di wilayah Belarusia,” kata Lukashenko kepada wartawan.

“Di mana Prigozhin pagi ini? Mungkin dia pergi ke Moskow,” imbuhnya seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (6/7/2023).

Lukashenko juga mengatakan pasukan Wagner ditempatkan di kamp mereka di Ukraina timur yang diduduki Rusia, menambahkan bahwa tawarannya untuk menampung mereka di Belarusia tetap berlaku.

Lukashenko juga mengatakan bahwa Vladimir Putin tidak akan menghabisi Prigozhin karena presiden Rusia itu tidak jahat dan pendendam. Diktator Belarusia mengatakan dia berencana untuk membahas masa depan Wagner dengan Putin selama pertemuan mendatang.

Di bawah kesepakatan yang ditengahi oleh Lukashenko, Prigozhin meninggalkan apa yang disebutnya "pawai untuk keadilan" oleh ribuan anak buahnya di Moskow, dengan imbalan perjalanan yang aman ke pengasingan di Belarusia. Tuduhan pidana terhadap Prigozhin juga dibatalkan minggu lalu sebagai bagian dari perjanjian itu.

Prigozhin, mantan narapidana berusia 62 tahun yang bangkit menjadi tentara bayaran paling kuat di Rusia, terakhir terlihat di depan umum ketika dia meninggalkan Rostov-on-Don, sebuah kota di Rusia selatan yang diduduki pasukannya sebentar.

Prigozhin belum pernah diabadikan berada di Belarusia, dan pesawat jetnya telah terbang beberapa kali bolak-balik dari Belarusia ke Moskow dan St Petersburg. Ini memicu spekulasi dalam beberapa pekan terakhir terkait keberadaan panglima perang tersebut.

Berbicara di aplikasi perpesanan Telegram pada hari Senin untuk kedua kalinya sejak memimpin pemberontakannya yang dibatalkan, Prigozhin berterima kasih kepada para pendukung di dalam Rusia.

“Hari ini kami membutuhkan dukungan Anda lebih dari sebelumnya,” katanya sambil menjanjikan kemenangan baru di garis depan dalam waktu dekat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)