10 Negara dengan Polusi Udara Terburuk di Dunia, Ini Posisi Indonesia

Kamis, 06 Juli 2023 - 14:41 WIB
loading...
10 Negara dengan Polusi Udara Terburuk di Dunia, Ini Posisi Indonesia
Pejalan kaki berada di New Delhi, India, yang diselimuti kabut asap. Foto/REUTERS
A A A
BAGHDAD - Terdapat sejumlah negara dengan polusi udara terburuk di dunia yang mungkin belum diketahui. Dari sepuluh besar pemeringkatan, mayoritas berada di Asia.

Untuk diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya menetapkan batas konsentrasi PM2.5 yang baik adalah sebesar 5 mikrogram per meter kubik.

Mengacu laporan IQAir, pada tahun 2022 lalu terdapat sejumlah negara yang masuk kategori terburuk dalam hal polusi udara.

Sekadar informasi, IQAir adalah perusahaan yang melacak kualitas udara di seluruh dunia. Pada tahun 2022, mereka melakukan analisis kualitas udara rata-rata dari berbagai negara di dunia. Berikut sepuluh teratas negara dengan populasi udara terburuk.

Negara dengan Polusi Udara Terburuk di Dunia

1. Chad


Chad merupakan negara terkurung daratan di Benua Afrika. Wilayahnya berbatasan dengan Libya di Utara, Sudan di timur, Republik Afrika Tengah di selatan, Kamerun di barat daya, dan Niger di bagian barat.

Menurut data IQAir, Chad menjadi negara dengan polusi udara terburuk di dunia pada 2022 lalu. Dalam hal ini, Chad memiliki rata-rata konsentrasi PM2.5 mencapai 89,7 mikrogram per meter kubik.

2. Irak


Beralih ke Asia, kali ini ada Irak. Negara yang memiliki ibu kota di Baghdad ini berada di urutan kedua yang memiliki polusi udara terburuk di dunia tahun 2022 lalu.

Melihat angkanya, rata-rata konsentrasi PM2,5 di Irak mencapai 80,1 mikrogram per meter kubik. Berdasarkan statistik tahun sebelumnya, angka ini meningkat dari 49,7 pada 2021.

3. Pakistan


Pakistan adalah salah satu negara di Asia Selatan. Negara ini berbatasan dengan India di timur, Afghanistan di barat, Iran di barat daya, serta China di bagian timur laut.

Rata-rata konsentrasi PM2,5 di Pakistan adalah sebesar 70,9 mikrogram per meter kubik. Melihat perbandingan dari tahun sebelumnya, angka tersebut naik dari 66,8 mikrogram per meter kubik.

4. Bahrain


Konsentrasi PM2.5 di Bahrain mencapai 66,6 mikrogram per meter kubik pada 2022. Angka ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang berada di 49,8.

5. Bangladesh


Kemudian ada Bangladesh. Negara ini memiliki konsentrasi PM2.5 sebesar 65,8 mikrogram per meter kubik pada 2022. Berbeda dengan sejumlah negara di atas, angka tersebut menurun dari sebelumnya 76,9.

6. Burkina Faso


Berada di kawasan Afrika Barat, negara ini juga termasuk salah satu wilayah dengan polusi udara terburuk di dunia. Pada tahun 2022, konsentrasi PM2.5 di Burkina Faso mencapai 63 mikrogram per meter kubik.

7. Kuwait


Sementara itu, konsentrasi polutan di Kuwait adalah sebesar 55,8 mikrogram per meter kubik. Angka ini menempatkannya sebagai salah satu yang terbesar di Asia.

8. India


Negara dengan polusi udara terburuk di dunia berikutnya adalah India. Memiliki populasi penduduk yang padat, negara ini juga dikenal dengan kebudayaannya yang beragam.

Terkait polusi udara, ternyata India menjadi salah satu negara yang paling buruk. Data IQAir mencatat bahwa rata-rata konsentrasi PM2.5 di India mencapai 53,3 mikrogram per meter kubik pada 2022.

9. Mesir


Konsentrasi PM2.5 di Mesir di tahun 2022 mencapai 46,5 mikrogram per meter kubik. Dibandingkan tahun sebelumnya, angka ini mengalami kenaikan dari 29,1.

10. Tajikistan


Nomor sepuluh ada Tajikistan. Pada tahun 2022, negara ini memiliki rata-rata konsentrasi PM2.5 mencapai 46 mikrogram per meter kubik.

Pada daftar sepuluh besar negara dengan polusi udara terburuk di dunia, nama Indonesia memang tidak masuk.

Adapun posisi Indonesia sendiri berada pada urutan ke-26 dengan rata-rata konsentrasi PM2.5 30,4 mikrogram per meter kubik.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)