Paus Fransiskus Kecam Pembakaran Alquran di Swedia

Selasa, 04 Juli 2023 - 03:38 WIB
loading...
Paus Fransiskus Kecam Pembakaran Alquran di Swedia
Paus Fransiskus mengutuk insiden pembakaran Alquran di Swedia. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Paus Fransiskus mengutuk pembakaran Al-Quran minggu lalu di Swedia, dengan mengatakan dia merasa "marah dan jijik" melihat kitab suci umat Islam itu dinodai.

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan surat kabar Uni Emirat Arab Al Ittihad, paus mengatakan: “Buku apa pun yang dianggap suci harus dihormati untuk menghormati mereka yang mempercayainya.

“Saya merasa marah dan muak dengan tindakan ini.”



Pada Rabu (28/06/2023), ketika banyak Muslim merayakan Idul Adha, seorang pria di Stockholm merobek dan membakar Alquran di luar masjid, menuai kecaman luas, termasuk dari pemerintah Turki dan Arab Saudi.

Pada hari Minggu, Organisasi Kerjasama Islam (OKI), sebuah kelompok yang terdiri dari 57 negara, mengatakan tindakan kolektif diperlukan dan hukum internasional harus digunakan untuk menghentikan kebencian agama.

OKI mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Kita harus mengirimkan pengingat terus-menerus kepada komunitas internasional mengenai penerapan hukum internasional yang mendesak, yang dengan jelas melarang advokasi kebencian agama.”

Arab Saudi memanggil duta besar Swedia atas insiden tersebut untuk mendesak Stockholm agar “menghentikan semua tindakan yang secara langsung bertentangan dengan upaya internasional yang berusaha menyebarkan nilai-nilai toleransi, moderasi, dan penolakan terhadap ekstremisme dan merusak rasa saling menghormati yang diperlukan untuk hubungan antara masyarakat dan negara”.

Sementara polisi Swedia telah memberikan izin untuk melakukan protes, pria yang membakar Al-Qur'an didakwa melakukan agitasi terhadap kelompok etnis atau bangsa.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)