Sulit Kalahkan Rusia di Ukraina, NATO Luncurkan 5 Strategi Baru

Selasa, 04 Juli 2023 - 02:27 WIB
loading...
Sulit Kalahkan Rusia di Ukraina, NATO Luncurkan 5 Strategi Baru
NATO meluncurkan strategi baru untuk melawan Rusia. Foto/Reuters
A A A
LONDON - NATO sangat paham bahwa Rusia sangat tangguh. Minimal, itu terlihat dalam perang di Ukraina dan tidak tergoyahkan meski diguncang upaya kudeta tentara bayaran Wagner. Karena itu, NATO pun meluncurkan strategi baru untuk mengantisipasi invasi lanjutan Rusia ke Finlandia, Polandia dan Swedia.

Berikut adalah 5 strategi baru yang diandalkan NATO untuk membendung tentara Rusia jika melakukan invasi ke Finlandia, Polandia dan Swedia.

1. Memperkuat Koneksi Komunikasi

Sulit Kalahkan Rusia di Ukraina, NATO Luncurkan 5 Strategi Baru

Foto/Reuters

Jauh di atas jembatan kereta api yang membentang di sungai di luar Lingkaran Arktik, pekerja konstruksi Finlandia menuntaskan proyek yang akan memperlancar koneksi dari garis pantai Atlantik NATO di Norwegia ke perbatasan barunya dengan Rusia.

"Kami akan mencabut sekitar 1.200 paku satu per satu," kata manajer situs Mika Hakkarainen sambil mengangkat paku keling.

Hingga Februari 2022, elektrifikasi rel pendek senilai 37 juta euro ini – satu-satunya jalur rel antara Swedia dan Finlandia – hanya menjanjikan penduduk setempat kesempatan untuk naik kereta malam ke bawah lampu terang Stockholm.

Setelah Rusia menginvasi Ukraina, hal itu berubah.

Sekarang Finlandia adalah bagian dari NATO, dan Swedia berharap untuk segera bergabung.

Saat aliansi membentuk kembali strateginya sebagai tanggapan terhadap kampanye Rusia, akses ke wilayah baru ini dan infrastrukturnya membuka jalan bagi sekutu untuk mengawasi dan menahan Moskow, dan kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memperlakukan seluruh Eropa barat laut sebagai satu blok.


2. Memperbaharui Infrastruktur

Perbaikan rel Finlandia di sekitar Tornio di perbatasan Swedia adalah salah satu contohnya. Karena selesai tahun depan, mereka akan memudahkan sekutu untuk mengirim bala bantuan dan peralatan dari seberang Atlantik ke Kemijarvi, satu jam perjalanan dari perbatasan Rusia dan tujuh jam dari benteng nuklir Rusia dan pangkalan militer di dekat Murmansk di semenanjung Kola.

Di antara pasukan yang bermarkas di sana, Armada Utara Rusia mencakup 27 kapal selam, lebih dari 40 kapal perang, sekitar 80 pesawat tempur, dan stok hulu ledak nuklir serta rudal, menurut data yang dikumpulkan oleh Institut Urusan Internasional Finlandia (FIIA).

Dalam konflik militer dengan NATO, tugas utama Armada adalah mengamankan kendali Laut Barents dan menghentikan kapal yang membawa bala bantuan dari Amerika Utara ke Eropa melalui perairan antara Greenland, Islandia, dan Inggris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)