5 Senjata Militer Polandia Tercanggih, Semuanya Produksi Dalam Negeri

Selasa, 04 Juli 2023 - 01:15 WIB
loading...
5 Senjata Militer Polandia Tercanggih, Semuanya Produksi Dalam Negeri
Polandia mengandalkan peralatan tempur buatan dalam negeri. Foto/Reuters
A A A
WARSAWA - Polandia menjadi kekuatan militer utama di dunia. Mereka terus berbenah dan memperkuat armada tempurnya semenjak Rusia menginvasi Ukraina. Tak seperti banyak negara lain, Polandia justru mengandalkan peralatan tempur buatan dalam negeri.

Paranoia Polandia tentang Rusia mendorong Polandia untuk mempersiapkan kekuatan militer. Mereka sedang membangun apa yang sekarang berada di jalur yang tepat untuk menjadi pasukan darat terhebat di UE.

“Tentara Polandia harus sangat kuat sehingga tidak harus berperang karena kekuatannya sendiri,” kata Perdana Menteri Mateusz Morawiecki dilansir Politico.

Ini adalah perubahan yang beresonansi dengan sekutu Polandia yang sangat diperlukan.

“Polandia telah menjadi mitra terpenting kami di benua Eropa,” kata seorang pejabat senior Angkatan Darat AS di Eropa, mengutip peran penting yang dimainkan Polandia dalam mendukung Ukraina dan menopang pertahanan NATO di Baltik.

Berikut adalah 5 senjata militer Polandia tercanggih.

1. FlyEye

5 Senjata Militer Polandia Tercanggih, Semuanya Produksi Dalam Negeri

Foto/tech.wp.pl

FlyEye merupakan drone mini dengan desain dan produksi Polandia. Itu diproduksi oleh perusahaan Flytronic milik WB Electronics. Pesawat udara tak berawak tersebut pertama kali dipresentasikan ke publik pada 14 Juni 2010 di Eurosatory di Paris.

Pada 10 Desember 2010, WB Electronics menghadirkan versi FlyEye yang sedikit dimodernisasi dibandingkan dengan desain aslinya. FlyEye melengkapi drone militer Polandia lainnya seperti Aeronautics Orbiter, Aeronautics Aerostar dan Boeing ScanEagle.


2. PZL W-3 Sokół


PZL W-3 Sokół merupakan helikopter serbaguna bermesin ganda berukuran sedang yang dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan helikopter Polandia PZL-Świdnik. Itu adalah helikopter pertama yang sepenuhnya dirancang dan diproduksi di Polandia.

Helikopter tersebut dikembangkan pada 1973. Pengaruh besar pada desain adalah tuntutan yang dirasakan dari penerbangan militer dan sipil di seluruh Uni Soviet, yang diharapkan menjadi operator utama dari jenis tersebut. Pada 16 November 1979, Sokół melakukan penerbangan perdananya. Setelah program uji intensif, sertifikasi tipe untuk helikopter diterima dari otoritas penerbangan di Polandia, Rusia, Amerika Serikat, dan Jerman.

3. Mil Mi-2

Itu merupakan helikopter kecil, tiga bilah rotor serbaguna yang dirancang Soviet yang dikembangkan oleh Mil Moscow Helicopter Plant yang dirancang pada awal 1960-an, dan diproduksi secara eksklusif oleh WSK "PZL-Ĺšwidnik" di Polandia .

Helikopter produksi pertama di Uni Soviet adalah Mil Mi-1, meniru model S-51 dan Bristol Sycamore dan diterbangkan oleh biro Mikhail Mil pada bulan September 1948. Mesin turbin poros ganda yang digunakan pada Mi-2 menghasilkan tenaga 40% lebih besar daripada mesin piston Mi-1, dengan berat hampir setengah dari berat mesin, sehingga muatannya menjadi lebih dari dua kali lipat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)